TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP JUAL BELI BURUNG CENDET (Studi Kasus di Pasar Burung Desa Beji Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung)

KRESNA MONICA CANDRA NOVA, 1 711143038 (2019) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP JUAL BELI BURUNG CENDET (Studi Kasus di Pasar Burung Desa Beji Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Burung Cendet (Studi Kasus Di Pasar Burung Desa Beji Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung)” yang ditulis oleh Kresna Monica Candra Nova, NIM. 1711143038, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, dibimbing Moh. Ali Abdul Shomad, S, Ag.,M.Pd.I. Penelitian dilatarbelakangi dengan fenomena semakin banyak dan berkembangnya jual beli Burung Cendet yang selama ini memang cenderung dilakukan tanpa adanya suatu tinjauan islam, sehingga praktik jual beli itu masih belum sesuai dengan teori yang ada. Penelitian dengan judul “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual beli Burung Cendet (Studi Kasus di Pasar Burung Desa Beji Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung)”. Menggunakan fokus dan pertanyaan penelitian: (1) Bagaimana Proses jual beli Burung Cendet di Pasar Burung Desa Beji Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung dilakukan?, (2) Bagaimana Tinjauan Hukum Islam terhadap Jual beli Burung Cendet di Pasar Burung Desa Beji Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung? Tujuan penelitian: (1) Untuk mendiskripsikan dan mengetahui mengenai Proses Jual beli Burung Cendet di Pasar Burung Desa Beji Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung, (2) Untuk mengetahui Tinjauan Hukum Islam terhadap Jual beli Burung Cendet di Pasar Burung Desa Beji Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus lapangan. Teknik pengumpulan data berasal dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Jenis data pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang berasal dari buku yang membahas tentang muamalah. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dilihat dari prosesnya jual beli yang terjadi di pasar Burung Desa Beji ini merupakan jual beli yang untung-untungan, yang mana penjual burung menjadikan burung yang dijualnya ada dalam satu kandang jenis kelamin jantan atau betinapun sulit untuk dibedakan karena burung masih kecil, warna bulu dan coraknyapun masih terlihat sama. Tanpa memberikan keterangan yang jelas pembeli diberi kebebasan memiih burung mana yang diinginkanya. Tinjauan hukum Islam terhadap jual beli yang dilakukan di pasar Burung Desa Beji ini menurut hukum Islam merupakan jual beli yang mengandung unsur gharar yang mana obyek yang diperjualbelikan masih belum diketahui jelas mengenai spesifikasinya ataupun kondisinya. Para Ulama juga berpendapat bahwa sesuatu yang belum diketahui kejelasanya dilarang untuk diperjualbelikan karena dapat merugikan salah satu pihak. Kata kunci: Proses jual beli burung Cendet, Hukum Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 1 711143038 KRESNA MONICA CANDRA NOVA
Date Deposited: 25 Jan 2019 03:05
Last Modified: 02 Apr 2020 06:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10067

Actions (login required)

View Item View Item