The Effectiveness of Using Guided Writing Technique Toward Student’s Achievement in Writing Recount Text to the Eighth Grade at MTs Psm Jeli

Desy Eka, Adelina, (2012) The Effectiveness of Using Guided Writing Technique Toward Student’s Achievement in Writing Recount Text to the Eighth Grade at MTs Psm Jeli. [ Skripsi ]

[img] Text
THESIS.rtf

Download (9MB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Effectiveness, guided writing dalam bentuk chain writing, Recount text. Bahasa inggris mempunyai empat skill, yakni, listening speaking, reading dan writing. Salah satu skillnya adalah writing, writing adalah aktivitas mengkombinasikan kata untuk membentuk pesan yang mempunyai makna yang mana si penulis ingin mengekspresikan sesuatu untuk menjadi teks ataupun kalimat yang bermakna. Di samping itu, teks dan kalimat harus berurutan dalam srukturnya dan isi yang bermakna. Setelah mengetahui tentang kerumitan dalam writing skill, guru perlu untuk memikirkan bagaiman memilih materi dan aktifitas yang akan di gunakan dalam kelas writing. Salah satu tekhnik dalam pengajaran writing adalah guided writing dalam bentuk chain writing story. Guided writing digunakan untuk membantu atau memandu siswa dalam menulis. Salah satu bentuk dari guided writing adalah chain writing story. Chain adalah salah satu cara untuk mempelajari bagaimana menghubungkan sesuatu kepada sesuatu yang lain S-R (Stimulus dan merespon). Prinsip utama dari chain writing story ini adalah kesinambungan, mengulang, dan penguatan dalam proses chain writing. Dalam hal ini, siswa dibagi dalam beberapa grup, satu grup terdiri dari empat atau lima orang. Kemudian, siswa menulis recount teks sederhana dengan menggunakan chain writing story dalam grup masing-masing. Jadi, siswa dapat menginterpretasikan dan dan mengevaluasi tulisan mereka dan bekerja sama di dalam kelompok mereka sebagaimana mereka memberikan kontribusi tulisan mereka dalam penulisan recount teks dengan chain writing story. Berikut rumusan masalah dalam penelitian ini: 1) Bagaimana pencapaian siswa dalam kelas control tanpa menggunakan guided writing dalam bentuk chain writing story? 2)Bagaiman pencapaian siswa dalam kelas ekperimen yang mana menggunakan guided writing dalam bentuk chain writing story? 3) Adakah perbedaan yang signifikan dalam pencapaian writing teks atara kelas control dan eksperimen? Tujuan penelitian dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetauhi pencapaian siswa dalam menulis recount teks tanpa menggunakan guided writing dalam bentuk chain writing story. 2) untuk mengetahui pencapaian siswa dalam menulis recount teks menggunakan guided writing dalam bentuk chain writing story. 3)untuk menemukan apakah ada perbedaan yang signifikan antara kelas control dan eksperimen. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) rancangan penelitianya menggunakan pre-eksperimen dengan dua-grup pre test and post test, 2) populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII di MTs Psm Jeli, 3) sampel dalam penelitian ini adalah semua populasi tersebut, yakni kelas VIIIa yang terdiri dari 27 siswa dan VIIIb yang terdiri dari 28 siswa, 4) instrument penelitianya adalah menggunakan test, 5) analisis datanya menggunakan t-test yang mana di gunakan untuk menganalsis perbedaan pencapaian siswa yang diajar mengguakan guided writing story dan tanpa menggunakan guided writing in the form of chain writing story. Hasil menunjukan bahwa rata-rata dalam pre test and post test siswa dalam menulis recount teks di kelas eksperimen adalah 10,703 (kurang) dan 20,25 (sangat bagus). Sedangakan, rata-rata siswa dalam pre test and post test di kelas control adalah 9,85 (kurang) dan 14,703 (cukup). Dalam penelitian ini t-countnya adalah 5.84 dan t-table dengan signifikan level 5% ditemukan 2.01. Jadi t-count lebih besar dari t-table. Hal tersebut menunjukan bahwa Ha yang menyatakan adanya efek yang signifikan dalam penggunaan guided writing dalam bentuk chain writing story untuk mengajar writing recount teks di kelas VIII Mts Psm Jeli adalah di terima. Sedangkan, Ho yang menyatakan bahwa tidak adanya efek dalm penggunaan guided writing dalam bentuk chain writing story untuk mengajar writing recount teks di kelas VIII Mts Psm Jeli adalah di tolak. Dengan kata lain, guided writing dalam bentuk chain writing story sapat digunakan sebagai alternative untuk mengajar writing recount teks pada sisa tingkat SMP/MTs

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 04 Feb 2015 06:58
Last Modified: 04 Feb 2015 06:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1010

Actions (login required)

View Item View Item