STRATEGI GURU DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN BELAJAR DAN IBADAH SHALAT BERJAMAAH SISWA DI MA UNGGULAN BANDUNG

YANUAR WICAKSONO, 17201153041 (2019) STRATEGI GURU DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN BELAJAR DAN IBADAH SHALAT BERJAMAAH SISWA DI MA UNGGULAN BANDUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (847kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (189kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Membina Kedisiplinan Belajar dan Ibadah Shalat Berjamaah Siswa di MA Unggulan Bandung Tulungagung” ini ditulis oleh Yanuar Wicaksono, NIM. 17201153041, pembimbing Drs. H. Timbul, M.Pd.I., NIP. 19611010 199203 1 002. Kata Kunci: Strategi, Kedisiplinan, Belajar, Shalat Berjamaah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemajuan IPTEK dan globalisasi yang semakin pesat menuntut sebuah lembaga pendidikan untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Akan tetapi, hal tersebut juga mengakibatkan seseorang kehilangan identitas diri karena terpengaruh nilai-nilai budaya dari luar. Oleh karena itu, seseorang harus memiliki pengendali diri yang kuat melalui proses pendidikan karakter. Dari berbagai problem tersebut maka guru sebagai pendidik harus berada di garda terdepan untuk membina kedisiplinan belajar dan ibadah shalat berjamaah siswa. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana langkah-langkah guru dalam membina kedisiplinan belajar dan ibadah shalat berjamaah siswa di MA Unggulan Bandung Tulungagung? (2) Bagaimana hambatan guru dalam membina kedisiplinan belajar dan ibadah shalat berjamaah siswa di MA Unggulan Bandung Tulungagung? (3) Bagaimana dampak guru dalam membina kedisiplinan belajar dan ibadah shalat berjamaah siswa di MA Unggulan Bandung Tulungagung? Skripsi ini bermanfaat bagi MA Unggulan Bandung Tulungagung sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka membina kedisiplinan belajar dan ibadah shalat berjamaah siswa, bagi para guru MA Unggulan Bandung Tulungagung sebagai bahan referensi dan evaluasi guna memilih strategi dalam membina kedisiplinan belajar dan ibadah shalat berjamaah siswa, dan bagi pembaca lain sebagai bahan referensi dan pemahaman dalam membina kedisiplinan belajar dan ibadah shalat berjamaah siswa yang kemudian menjadikan bahan masukan untuk dikembangkan oleh peneliti selanjutnya. Rancangan penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian terletak di MA Unggulan Bandung Tulungagung. Pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi meliputi kegiatan guru dalam membina kedisiplinan siswa, kegiatan pembelajaran, dan kegiatan ibadah shalat berjamaah. Wawancara dengan informan Kepala Madrasah, Guru, Siswa, Orang Tua Siswa, dan Masyarakat. Dokumentasi berupa foto kegiatan-kegiatan yang ada di Madrasah dan arsip dokumen Madrasah. selanjutnya, data-data tersebut di analisis dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Langkah-langkah guru dalam membina kedisiplinan belajar dan ibadah shalat berjamah meliputi: a. Langkah-langkah guru dalam membina kedisiplinan belajar, yaitu melalui langkah guru dalam membina kedisiplinan siswa, langkah guru dalam membina tata tertib, langkah guru dalam membina kedisiplinan belajar didalam kelas, langkah guru dalam membina kedisiplinan berpakaian, langkah guru dalam membina kedisiplinan diluar lingkup madrasah, kegiatan jumat bersih di MA Unggulan Bandung Tulungagung, kurikulum lokal di MA Unggulan Bandung Tulungagung, sarana dan prasarana pendukung pembelajaran, dan sumber dana pendidikan di MA Unggulan Bandung Tulungagung. b. Langkah-langkah guru dalam membina kedisiplinan ibadah shalat berjamaah, yaitu melalui pembinaan setiap pukul 09.25 melaksanakan shalat dhuha berjamaah, setiap pukul 12.05 melaksanakan shalat dhuhur berjamaah, dan setiap hari Sabtu melaksanakan kegiatan kultum. (2) Hambatan guru dalam membina kedisiplinan belajar dan ibadah shalat berjamaah meliputi: a. Hambatan guru dalam membina kedisiplinan belajar, yaitu hambatan guru dalam membina kedisiplinan belajar di lingkup Madrasah dan hambatan guru dalam membina kedisiplinan belajar diluar lingkup Madrasah. b. Hambatan guru dalam membina kedisiplinan ibadah shalat berjamaah yaitu terdapat sebagian siswa yang belum sadar akan pentingnya shalat. (3) Dampak guru dalam membina kedisiplinan belajar dan ibadah shalat berjamaah meliputi: a. Dampak guru dalam membina kedisiplinan belajar, yaitu dampak pembinaan kedisiplinan belajar di Madrasah, dampak pembinaan kedisiplinan belajar siswa di rumah, dan dampak pembinaan kedisiplinan siswa di masyarakat. b. Dampak guru dalam membina kedisiplinan ibadah shalat berjamaah, yaitu siswa sadar akan arti penting melaksanakan shalat tanpa perintah dan komando dari guru.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: SKRIPSI 17201153041 YANUAR WICAKSONO
Date Deposited: 18 Feb 2019 03:07
Last Modified: 18 Feb 2019 03:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10209

Actions (login required)

View Item View Item