PEMBINAAN AL-AKHLAQ AL-KARIMAH DALAM PEMBELAJARAN PAI (Studi Multi Situs di SMAN 01 Ngunut dan SMAN 01 Rejotangan Tahun 2017/2018).

Ahmad Mustofa, 17506164004 (2019) PEMBINAAN AL-AKHLAQ AL-KARIMAH DALAM PEMBELAJARAN PAI (Studi Multi Situs di SMAN 01 Ngunut dan SMAN 01 Rejotangan Tahun 2017/2018). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (527kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (178kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (231kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (95kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pembinaan al-akhlaq al-karimah dalam pembelajaran PAI (studi multisitus di SMAN 01 Ngunut dan SMAN 01 Rejotangan Tahun 2017/2018)” ini ditulis oleh Ahmad Mustofa, NIM.17506164004, Fakultas Pascasarjana, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Dosen Pembimbing 1) Dr. Hj. Anin Nurhayati, M.Pd.I dan 2) Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag. Kata Kunci : Pembinaan Al-akhlaq Al-karimah, Pembelajaran PAI Konteks Penelitian mengacu pada pembinaan al-akhlaq al-karimah dalam jenjang pendidikan menengah, atau lebih jelasnya peneliti disini melakukan penelitian dengan objek lembaga sekolah jenjang SMAN, dimana pada usia ini remaja sangat rentan dengan pengaruh pergaulan yang menjerumuskan mereka dalam dunia negatif. Dengan pembinaan al-akhlaq al-karimah yang maksimal, diharapkan pendidikan mampu menyelamatkan mereka dari pengaruh buruk dan bahkan membawa mereka menuju masa depan yang lebih baik. Pembinaan al akhlaq al-karimah tentunya membutuhkan perhatian kusus dari seorang guru maupun seluruh lapisan masyarakat sekolah, dengan penanaman nilai-nilai keagamaan dan juga pemberian pengalaman secara langsung kepada siswa. Karena akhlaq adalah sebuah tingkah laku seseorang yang dilakukan secara sadar untuk menyikapi atau menghadapi sesuatu. Adapun fokus pertanyaan penelitian adalah sebagai berikut : 1) Bagaimana pendekatan pembinaan al-akhlaq al-karimah yang dilakukan guru dalam pembelajaran PAI di SMAN 1 Ngunut dan SMAN 01 Rejotangan Tahun 2017/2018? 2) Bagaimana strategi pembinaan al-akhlaq al-karimah yang dilakukan guru dalam pembelajaran PAI di SMAN 1 Ngunut dan SMAN 01 Rejotangan Tahun 2017/2018? 3) Bagaimana metode pembinaan al-akhlaq al karimah yang dilakukan guru dalam pembelajaran PAI di SMAN 1 Ngunut dan SMAN 01 Rejotangan Tahun 2017/2018? Adapun untuk tujuan dari penelitian yang akan dilakukan ini adalah;1) Untuk mendeskripsikan pendekatan pembinaan al-akhlaq al-karimah yang dilakukan guru dalam pembelajaran PAI di SMAN 1 Ngunut dan SMAN 01 Rejotangan Tahun 2017/2018. 2) Untuk mendeskripsikan strategi pembinaan al akhlaq al-karimah yang dilakukan guru dalam pembelajaran PAI di SMAN 1 Ngunut dan SMAN 01 Rejotangan Tahun 2017/2018. 3) Untuk mendeskripsikan metode pembinaan al-akhlaq al-karimah yang dilakukan guru dalam pembelajaran PAI di SMAN 1 Ngunut dan SMAN 01 Rejotangan Tahun 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan multisitus di SMAN 01 Ngunut dan SMAN 01 Rejotangan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi partisipan, wawancara mendalamdan dokumentasi. Analisis data dilakukan dalam dua tahap, yaitu analisis situs tunggal dan analisis lintas situs. Analisis lintas situs dimaksudkan sebagai proses membandingkan temuan-temuan yang diperoleh dari masing-masing situs sekaligus sebagai proses memadukan temuan antar situs. Adapun triangulasi yang dipakai dalam penelitian ini adalah triangulasi metode, yakni menggunakan berbagai jenis metode pengumpulan data untuk mendapatkan data sejenis. Dan juga menggunakan triangulasi sumber, yaitu untuk membandingkan atau mengecek keabsahan data yang diperoleh dari sumber yang berbeda. Dari hasil penelitian penulis menemukan bahwa, Pendekatan pembinaan al-akhlaq al-karimah yang dilakukan guru dalam pembelajaran PAI di SMAN 01 Ngunut dan SMAN 01 Rejotangan tahun 2017/2018 menggunakan pendekatan : a) pendekatan pembiasaan, b) pendekatan pengalaman, c) pendekatan emosional. Perbedaan pendekatan terdapat pada pengaplikasianya. Pendekatan di SMAN 01 Ngunut siswa dibiasakan mengakui kesalahan/keterlambatan masuk kelas dan menghafal surat pendek untuk hukumanya, pengalaman dan emosional secara langsung dari kegiatan sosial peduli mushola (musholaku cantik). Pendekatan di SMAN 01 Rejotangan siswa dibiasakan berada dilingkungan yang religius, pendekatan emosional dan pengalaman keagamaan diberikan dengan sholat dhuha dan juga tahlil setelah sholat duha. Strategi pembinaan al-akhlaq al-karimah yang dilakukan guru dalam pembelajaran PAI di SMAN 01 Ngunut dan SMAN 01 Rejotangan tahun 2017/2018 menggunakan strategi pembelajaran : a) kontekstual, b) kooperatif, c) inkuiri. Perbedaan dari kedua lembaga terdapat pada pemakaian strategi pembelajaran terhadap tema pembelajaran yang berkaitan dengan al akhlaq al-karimah. Di SMAN 01 Ngunut untuk keikhlasan menggunakan strategi kooperarif, kejujuran dengan strategi inkuiri dan strategi kontekstual untuk jiwa kemanusiaan yang tinggi dan juga sesuainya kata dengan perbuatan. Untuk di SMAN 01 Rejotangan strategi pembelajaran inkuiri digunakan utuk tema keikhlasan, strategi kooperatif untuk kejujuran dan strategi kontekstual untuk jiwa keanusiaan yang tinggi dan sesuainya kata dengan perbuatan. Metode pembinaan al-akhlaq al-karimah yang dilakukan guru dalam pembelajaran PAI di SMAN 01 Ngunut dan SMAN 01 Rejotangan tahun 2017/2018 menggunakan metode sebagai berikut: a) metode ceramah, b) metode tanya jawab, c) problem solving, d) metode diskusi, e) metode tugas, f) metode reward/punishmen. Untuk perbedaan metode dari kedua lembaga berada pada titik tekan. Untuk SMAN 01 Ngunut lebih menekankan siswa agar aktif, sedangkan di SMAN 01 Rejotangan guru berperan lebih aktif dalam penyampaian materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17506164004 Ahmad Mustofa
Date Deposited: 06 Mar 2019 07:00
Last Modified: 06 Mar 2019 07:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10291

Actions (login required)

View Item View Item