Integrasi Agama dan Ilmu Pengatahuan (Suatu Kajuan Pustaka Tentang Peran Pendidikan Islam dalam Perkembangan IPTEK)

Musyafa’ah, Emy (2010) Integrasi Agama dan Ilmu Pengatahuan (Suatu Kajuan Pustaka Tentang Peran Pendidikan Islam dalam Perkembangan IPTEK). [ Skripsi ]

[img] Text
Daftar Rujukan..doc

Download (64kB)
[img] Text
Prelimimier.doc

Download (130kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (127kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (187kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (402kB)
[img] Text
BAB IV.doc

Download (81kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (36kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Konsep Pendidikan Islam, Spiritualitas, dan Anak Kajian yang dilakukan oleh penulis dilatarbelakangi oleh kondisi di mana manusia tidak lagi dapat mendudukkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang ke dalam nili-nilai ajaran Islam. Hal ini disebabkan karena manusia telah memisahkan, membedakan antara ajaran agama dengan ilmu pengetahuan. Padahal dalam Islam, agama dan ilmu pengetahuan adalah dua hal yang saling berhubungan, tidak dapat dipisahkan antara satu sama lain. Untuk itu, pendidikan Islam di sini mempunyai peran penting dalam berupaya mengintegrasikan dikotomi agama dengan ilmu pengetahuan yang berkepanjangan hingga kini. Betapapun, dikotomi ini dalam pendidikan Islam harus segera dihentikan. Dengan mengintegrasikan keduanya, pendidikan Islam harus mampu mengimbangi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Karena biar bagaimanapun senjata perjuangan terampuh bagi usaha pergerakan nilai-nilai Islam dalam kehidupan ini adalah pendidikan Islam. Rumusan Masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1). Bagaimana tinjauan umum tentang agama dan ilmu pengetahuan? (2) Bagaimana materi integrasi agama dan ilmu pengetahuan? (3) Bagaimana nilai-nilai integrasi agama dan ilmu pengetahuan? Adapun yang menjadi tujuan kajian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Untuk mengetahui tinjauan umum tentang agama dan ilmu pengetahuan (2) Untuk mengetahui materi integrasi agama dan ilmu pengetahuan (3) Untuk mengetahui nilai-nilai integrasi agama dan ilmu pengetahuan. Skripsi ini bermanfa’at bagi penulis untuk memperkaya khazanah tentang pendidikan Islam. Selain itu secara umum, hasil kajian ini diharapkan dapat memberikan tuntunan bagi umat Islam terutama para generasi muda muslim, semoga dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sesuai dan berdasarkan nilai-nilai ajaran Islam. Skripsi ini disusun berdasarkan penelitian kepustakaan atau biasa disebut kajian pustaka (library research), yaitu telaah yang dilaksanakan untuk memecahkan suatu masalah yang ada pada dasarnya bertumpu pada penelaahan kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka dan hasil-hasil penelitian yang terkait dengan topik (masalah) kajian. Metode yang digunakan dalam kajian pustaka ini adalah metode dokumentasi, yaitu mencari data atau informasi mengenai hal-hal yang berupa catatan, transkip, terbitan pemerintah, buku-buku yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung, majalah, buletin, artikel media, dan koran, membahas data-data yang sesuai dengan rumusan masalah. Metode analisis data yang digunakan adalah metode induktif, yaitu penulisan yang lebih bertolak dari persoalan-persoalan yang bersifat khusus untuk mendapat kesimpulan yang bersifat kompleks (umum), meode deduktif yaitu metode yang berpangkal pada persoalan yang umum untuk mendapatkan kesimpulan yang bersifat khusus, dan metode komparatif yaitu meneliti faktor-faktor yang berhubungan dengan situasi atau fenomena yang diselidiki atau membandingkan suatu faktor dengan faktor yang lainnya. Dari kajian yang penulis lakukan, akhirnya dapat disimpulkan bahwa: (1) Agama adalah hubungan antara makhluk dengan khaliknya yang terwujud dalam suatu peraturan yang diberikan Allah kepada manusia yang berisi sistem kepercayaan, peribadatan dan kehidupan manusia dengan tujuan untuk mencapai kebahagiaan di dunia dan di akhirat kelak. Ilmu pengetahuan adalah studi terhadap alam nyata, obyektif, konkrit, material, positif, dapat diamati dan diukur melalui eksperimen ataupun observasi. Oleh karena itu kebenaran ilmu pengatahuan bersifat rasional, eksak, observable, variable dan sesuai dengan kenyataan obyek yang diteliti. Integrasi atau perpaduan antara agama dan ilmu pengetahuan merupakan penyatuan pemahaman terhadap manusia bahwa keduanya adalah kesatuan kebenaran. Keduanya bersumber dari Yang Maha Benar yaitu Allah SWT. Keduanya sama-sama berdampingan bekerjasama mengisi roda kehidupan manusia. (2) Islam mengandung multidisipliner ilmu pengetahuan. Oleh karena itu ilmu-ilmu yang berkembang dalam pandangan dunia Barat seperti ilmu alam (natural sciences), ilmu sosial (social sciences), dan humaniora (the humanities) tidaklah boleh lepas dan berjalan sendiri tanpa diiringi dengan ajaran Islam yang utuh. (3) Islam mempunyai nilai-nilai yang integralistik dalam kaitannya dengan hubungan agama dengan ilmu pengetahuan. Diantaranya, Islam mengintegrasikan ayat-ayat ilahiyah (ketuhanan) dengan ayat-ayat kauniyah (alam semesta), mengintegrasikan relasi Tuhan dengan manusia, mengintegrasikan iman dengan ilmu, mengintegrasikan pemenuhan kebutuhan rohani (spiritual-ukhrawi) dengan jasmani (material-duniawi), dan mengintegrasikan antara tuntunan wahyu dengan daya intelek.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 04 Feb 2015 08:05
Last Modified: 04 Feb 2015 08:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1036

Actions (login required)

View Item View Item