Pengaruh Persepsi Nasabah Tentang Konsep Pembiayaan Murabahah dan Aspek Pendidikan Terhadap Motivasi Berwirausaha Nasabah BMT SAHARA Tulungagung

Ilmiah, Efi Mafidatul (2014) Pengaruh Persepsi Nasabah Tentang Konsep Pembiayaan Murabahah dan Aspek Pendidikan Terhadap Motivasi Berwirausaha Nasabah BMT SAHARA Tulungagung. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover dll.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I - BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persepsi negatif yang ditujukan oleh masyarakat kepada BMT. Ketika memberikan pembiayaan terkait besarnya margin murabahah yang diberikan dalam produk BMT sehingga terlihat sama dengan bank konvenional. Untuk menjadi seorang wiraswasta, tidak hanya membutuhkan sikap mental tetapi dengan perhitungan yang matang sangat membantu keberhasilannya. Perolehan hasil pendidikan formal juga membantu. Namun pada kenyataanya pendidikan banyak orang yang hanya berpendidikan rendah namun motivasi mereka untuk berwirausaha sangat tinggi. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Apakah persepsi nasabha tentang konsep pembiayaan murabahah berpengaruh terhadap motivasi berwirausaha nasabah? (2) Apakah aspek pendidikan berpengaruh terhadap motivasi berwirausaha nasabah? (3) Apakah persepsi nasabah tentang konsep pembiayaan murabahah dan aspek pendidikan bersama-sama berpengaruh terhadap motiovasi berwirausaha nasabah? Adapun tujuan dari penelitian ini dalah untuk mengukur pengaruh dari persepsi nasabah tentang konsep pembiayaan murabahah dan aspek pendidikan terhadap motivasi berwirausaha nasabah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan skunder, diperoleh dari angket yang disebar pada responden dan data dari BMT SAHARA. Metode analisis yang digunakan yaitu uji normalitas data, uji asumsi klasik yang meliputi multikolinieritas dan heterokedastisitas, uji regresi berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah menunjukkan adanya pengaruh persepsi nasabah tentang konsep pembiayaan murabahah terhadap motivasi berwirausaha nasabah dengan nilai sig t sebesar = 0.000<0,05, dan tidak terdapat pengaruh aspek pendidikan terhadap motivasi berwirausaha denagn nilai sig t sebesar -0,811<0,05. Terdapat pengaruh antara persepsi nasabah tentang konsep pembiayaan murabahah, dan aspek pendidikan secara bersama-sama terhadap motivasi berwirausaha dengan nilai Fhitung sebesar 10,462 dengan tingkat signifikansi 0.000. Selain itu, diketahui nilai Adjusted R square sebesar 0,112 yang berarti variabel persepsi nasabah tentang konsep pembiayaan murabahah, dan aspek pendidikan secara bersama-sama mempengaruhi motivasi berwirausha nasabah sebesar 11,2%, sedangkan sisanya sebesar 88,8% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Hal ini membuktikan variabel persepsi nasabah tentang konsep pembiayaan murabahah berpengaruh signifikan terhadap motivasi berwirausaha yang artinya semakin tinggi persepsi nasabah tentang konsep pembiayaan murabahah maka semakin tinggi motivasi berwirausaha nasabah. sedangkan aspek pendidikan memiliki nilai negatif (berlawanan) dan tidak berpengaruh siginifikan terhadap variabel motivasi berwirausaha yang artinya semakin tinggi aspek pendidikan maka semakin rendah motivasi berwirausaha nasabah. Kata Kunci : Persepsi, Konsep Pembiayaan Murabahah, aspek Pendidikan dan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 23 Oct 2014 07:28
Last Modified: 23 Oct 2014 07:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/104

Actions (login required)

View Item View Item