Farida, Eva (2010) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model TGT pada materi operasi hitung bilangan bulat di kelas IV MI Darussalam Blimbing Rejotangan Tulungagung tahun pelajaran 2009/2010. [ Skripsi ]
Text
BAB I baru.doc Download (90kB) |
|
Text
BAB II.doc Download (69kB) |
|
Text
BAB III.doc Download (84kB) |
|
Text
BAB IV.doc Download (912kB) |
|
Text
Daftar n lampiran.doc Download (495kB) |
|
Text
REFERENSI SKRIPSI V.doc Download (31kB) |
|
Text
hal awal.doc Download (378kB) |
Abstract
Kata kunci:Pembelajaran kooperatif, Belajar Matematika bilangan bulat. Pembelajaran kooperatif merupakan salah satu model pembelajaran yang terstruktur dan sistematis, dimana kelompok-kelompok kecil bekerja sama untuk mencapai tujuan–tujuan bersama. Salah satu pembelajran kooperatif yang tersetruktur dan dengan adanya geme dalam pembelajaran adalah TGT (teme game tournamen). Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan pembelajaran matematika dengan model TGT pada materi operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas IV MI Darussalam Rejotangan Tulungagung? (2) Bagaimana hasil belajar matematika dengan model TGT pada materi operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas IV MI Darussalam Rejotangan Tulungagung? Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah : 1) Untuk mengetahui penerapan pembelajaran matematika dengan model TGT pada materi operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas IV MI Darussalam Rejotangan Tulungagung 2) Untuk mengetahui hasil belajar matematika dengan model TGT pada materi operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas IV MI Darussalam Rejotangan Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah pengalamn serta wawasan dalam bidang penulisan maupun penelitian. Bagi MI Darussalam Blimbing Rejotangan Tulungagung sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka peningkatan mutu kualitas pengajaran, baik bagi guru maupun lembaga pendidikan. Bagi para pembaca sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam PTK tahap penelitian terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan reflkesi. Untuk mengetahui peningkatan pada waktu tindakan, dan setelah tindakan dilakukan. Dalam penelitian ini menggunakan tiga siklus PTK. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus belajar. Subjek pengumpulan data pada penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Darussalam Blimbing Rejotangan Tulungagung pada semester genap tahun ajaran 2009-2010. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi tes untuk hasil belajar. Selanjutnya data akan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Matematika Realistik Berseting Kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar siswa pada tes awal nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 62,75 (sebelum diberi tindakan) menjadi 70,50 (siklus I), 77,00 (siklus II) dan 81,75 (pada siklus III), Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Matematika dengan model TGT pada materi operasi hitung bilangan bulat bisa meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Darussalam Rejotangan Tulungagung
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 04 Feb 2015 08:32 |
Last Modified: | 04 Feb 2015 08:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1047 |
Actions (login required)
View Item |