Efektifitas Hifzhul Qur’an Melalui Metode Sorogan Santriwati di Pondok Pesantren Al-Ma’rifah Darunnajah Kelutan Trenggalek

Lutfina Sari, Qoria (2010) Efektifitas Hifzhul Qur’an Melalui Metode Sorogan Santriwati di Pondok Pesantren Al-Ma’rifah Darunnajah Kelutan Trenggalek. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I.doc

Download (83kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (201kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (71kB)
[img] Text
BAB IV.doc

Download (122kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (28kB)
[img] Text
dEPAN.doc

Download (197kB)
[img] Text
BELAKANG.doc

Download (24kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Hifzhul Qur’an, Sorogan, Santriwati Latar belakang penelitian berawal dari fenomena santriwati pondok pesantren yang masih menggunakan metode yang bersifat tradisional yaitu metode sorogan. Menghafal al-Qur’an dikatakan mudah akan tetapi mudah pula lupa, oleh karena itu ketekunan dengan metode sorogan bagi santriwati Pondok Pesantren Putri Al-Ma'rifah Darunnajah Kelutan Trenggalek sangat diperlukan. Mengingat metode sangat berpengaruh terhadap hasil dengan metode yang efektif akan menghasilkan proses pembelajaran yang dinamis yang pada endingnya akan memperoleh output yang lebih berkualitas. Fokus penelitian ini adalah, (1) Bagaimanakah pelaksanaan metode sorogan bagi santriwati di Pondok Pesantren Putri Al-Ma’rifah Darunnajah Kelutan Trenggalek? (2) Bagaimana efektifitas hifzhul Qur’an melalui metode sorogan bagi santriwati di Pondok Pesantren Putri Al-Ma’rifah Darunnajah Kelutan Trenggalek ? Tujuan Penelitian: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan metode sorogan bagi santriwati di Pondok Pesantren Putri Al-Ma’rifah Darunnajah Kelutan Trenggalek. (2) Untuk mengetahui efektifitas hifzhul Qur’an melalui metode sorogan bagi santriwati di pondok Pesantren Putri Al-Ma’rifah Darunnajah Kelutan Trenggalek. Metode Penelitian: (1) Jenis penelitian ini menggunakan jenis deskriftif dengan pendekatan kualitatif (2) Lokasi penelitian Pondok Pesantren Putri Al-Ma’rifah Darunnajah Kelutan Trenggalek (3) Sumber data ada tiga tahap yaitu: person, place, paper (4) Prosedur pengumpulan data , melalui : observasi, wawancara, dokumentasi (5) Teknik analisa data yaitu: reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan (6) Pengecekan keabsahan temuan, yakni: trianggulasi dan pembahasan sejawat (7) Tahap-tahap penelitian, meliputi: pendahuluan, tahap pekerja lapangan, tahap analisis data. Hasil penelitian ini telah menunjukkan bahwa pelaksanaan metode sorogan bagi santriwati di PPP Al-Ma’rifah Darunnajah Kelutan Trenggalek melalui beberapa tahapan, tahapan tersebut terdiri dari tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Adapun efektifitas hifdzul Qur’an melalui metode sorogan terlihat efektif terbukti bahwa metode sorogan mampu memecahkan masalah para santri hufadz dalam proses pembelajaran untuk menghafal. Hanya saja hal yang tidak bisa di pungkiri kebiasaan malas yang mengganggu proses penghafalan para santri hufadz.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 05 Feb 2015 02:16
Last Modified: 05 Feb 2015 02:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1050

Actions (login required)

View Item View Item