DARDAK KHOIRINTAHA, 17201153003 (2019) METODE GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MTsN 3 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
cover.pdf Download (683kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar isi.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (512kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (840kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (427kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (801kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (377kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Metode Guru Akidah Akhlak dalam Membina Akhlakul Karimah Peserta Didik di MTsN 3 Trenggalek” ini ditulis oleh Dardak khoirintaha, NIM. 17201153003, pembimbing: Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag Kata Kunci : Metode, Guru Akidah Akhlak, Membina Akhlak Karimah. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi olah banyaknya saat ini peserta didik yang kurang memiliki akhlak yang baik, baik itu terhadap Allah swt, sesama manusia baik itu terhadap orang yang lebih tua maupun teman sebayanya, juga terhadap lingkungannya, banyak sekali kasus saat ini tentang peserta didik mulai dari kasus pembulian, perkelahian, merusak lingkungan, bahkan sampai ada yang berani menganiaya gurunya. Bisa jadi hal seperti ini terjadi karena kurangnya penanaman akhlakul karimah terhadap peserta didik sehingga pola pikir mereka mudah tergoyahkan. Fokus pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana Metode Guru Akidah Akhlak dalam membina Akhlakul Karimah Peserta Didik terhadap Allah swt. di MTsN 3 Trenggalek? 2) Bagaimana Metode Guru Akidah Akhlak dalam membina Akhlakul Karimah Peserta Didik terhadap Sesama. di MTsN 3 Trenggalek? 3) Bagaimana Metode Guru Akidah Akhlak dalam membina Akhlakul Karimah Peserta Didik terhadap Lingkungan di MTsN 3 Trenggalek? Metode yang peneliti gunakan dalam teknik pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara (interview)dan dokumentasi. Dengan metode ini diharapkan dapat memperoleh data-data yang kongkrityang sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian yang dilaksanakan di MTsN 3 Trenggalek. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis melalui metode deskriptif untuk data yang kualitatif. Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan, akhirnya menghasilkan suatu kesimpulan sebagai berikut: 1) Metode Guru Akidah Akhlak dalam Pembinaan Akhlak Karimah siswa terhadap Allah Swt. di MTsN 3 Trnggalek melalui pendidikan langsung meliputi keteladanan, pembiasaan, dan latihan. Sedangakan melaui pendidikan secara tidak langsung melalui hukuman. 2) Metode Guru Akidah Akhlak dalam Pembinaan Akhlak Karimah siswa terhadap Sesama di MTsN 3 Trnggalek melalui pendidikan langsung meliputi keteladanan, pembiasaan, dan hukuman. sedangkan melalui pendidikan secara tidak langsung melalui larangan, dan hukuman. 3) Metode Guru Akidah Akhlak dalam Pembinaan Akhlak Karimah siswa terhadap Lingkungan di MTsN 3 Trnggalek melalui pendidikan secara langsung dengan melalui anjuran, pembiasaan Sedangkan melalui pendidikan secara tidak langsung dengan melalui pengawasan dan hukuman. Kesimpulannya adalah bahwa keberhasilan guru akidah akhlak dalam membina akhlakul karimah peserta didik di MTsN 3 Trenggalek selain menggunakan beberapa metode dalam membina akhlakul karimah, juga didukung oleh kejasama antara guru akidah akhlak dengan guru-guru lain dan juga dengan para orang tua peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153003 Dardak Khoirintaha |
Date Deposited: | 29 Apr 2019 07:48 |
Last Modified: | 29 Apr 2019 07:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10634 |
Actions (login required)
View Item |