Chusnul Emil, Novia (2010) Pengaruh Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Terhadap Prestasi Belajar Siswa SDN 01 Dawuhan Kademangan Blitar. [ Skripsi ]
Text
DAFTAR PUSTAKA.doc Download (57kB) |
|
Text
HALAMAN DEPAN.doc Download (538kB) |
|
Text
BAB I.doc Download (70kB) |
|
Text
BAB II.doc Download (171kB) |
|
Text
BAB III.doc Download (77kB) |
|
Text
BAB V.doc Download (52kB) |
|
Text
BAB IV.doc Download (572kB) |
Abstract
Kata Kunci: Kompetensi Guru PAI, Prestasi Belajar Siswa Pada dasarnya guru merupakan kunci utama dalam pengajaran. Guru secara langsung berupaya mempengaruhi, mengarahkan dan mengembangkan kemampuan siswa di dalam proses belajar mengajar, sebab guru yang paling banyak berhubungan dengan para siswa jika dibandingkan dengan personel sekolah lainnya. Salah satu upaya yang dilakukan oleh guru agar kualitas (mutu) pendidikan di dalam proses belajar mengajar menjadi lebih baik adalah dengan meningkatkan kompetensi yang dimilikinya di dalam proses kegiatan mengelola dan melaksanakan interaksi belajar mengajar. Kompetensi disini yaitu kemampuan, kecakapan atau keterampilan seorang guru di dalam mengelola kegiatan belajar mengajar baik kompetensi dalam bidang kepribadian, pengelolaan kelas maupun dlam bidang penguasaan bahan. Permasalahan: 1. Bagaimana pengaruh kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam (PAI) terhadap prestasi belajar siswa SDN 01 Dawuhan Kademangan Blitar?; 2. Bagaimana pengaruh kompetensi pengelolaan kelas guru pendidikan agama Islam (PAI) terhadap prestasi belajar siswa SDN 01 Dawuhan Kademangan Blitar?; 3. Bagaimana pengaruh kompetensi penguasaan bahan guru pendidikan agama Islam (PAI) terhadap prestasi belajar siswa SDN 01 Dawuhan Kademangan Blitar?; 4. Adakah pengaruh kompetensi guru PAI terhadap prestasi belajar siswa SDN 01 Dawuhan Kademangan Blitar? Pola penelitian: Penelitian Kuantitatif dan Penelitian Korelasi sebab akibat. Populasinya Seluruh siswa-siswi SDN 01 Dawuhan Kademangan Blitar yang berjumlah 75 siswa. sumber data memakai data primer dan data sekunder, kemudian menggunakan variabel bebas: kompetensi guru dan variabel terikat: Prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI), data dan pengukurannya: (1) Data tentang kompetensi guru yang diukur melalui hasil angket (2) Data tentang prestasi belajar siswa yang diukur melalui dokumentasi nilai dalam raport, Metode dan instrumen pengumpulan data: Metode Observasi, Metode angket, Metode Interview,. Metode dokumentasi. Teknik analisis data: (1) Teknik analisis data kualitatif, (2) Teknik analisis data kauntitatif dengan rumus chi kuadrat, koefisien kontingensi, phi. Hasil analisis data: 1. Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam bidang kepribadian terhadap prestasi belajar siswa SDN 01 Dawuhan Kademangan Blitar. (Rt 5% < ro > rt 1%, 5% = rt 0,227 & 1% = 0,296, ro = 0,520); 2. Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam bidang pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa SDN 01 Dawuhan Kademangan Blitar. (Rt 5%, ro > rt 1%, 5% = rt 0,227 & 1% = 0,296, ro = 0,312); 3. Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam bidang penguasaan bahan terhadap prestasi belajar siswa SDN 01 Dawuhan Kademangan Blitar. (Rt 5% < ro > rt 1%, 5% = rt 0,227 & 1% = 0,296, ro = 0,335); 4. Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi guru pendidikan agama Islam (PAI) terhadap prestasi belajar siswa SDN 01 Dawuhan Kademangan Blitar. (Rt 5%, ro > rt 1%, 5% = rt 0,227 & 1% = 0,296, ro = 0,383).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 05 Feb 2015 03:00 |
Last Modified: | 05 Feb 2015 03:00 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1067 |
Actions (login required)
View Item |