TIA SARI ISTIADAH, 17401153215 (2019) PENGARUH PERSEPSI, TINGKAT RELIGIUSITAS, PRODUCT KNOWLEDGE, DAN DISPOSABLE INCOME TERHADAP PREFERENSI MENABUNG DI PERBANKAN SYARIAH (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Tulungagung). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (450kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (159kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (389kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (537kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (345kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (603kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (264kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (262kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (235kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Persepsi, Tingkat Religiusitas, Product Knowledge dan Diposable Income Terhadap Preferensi Menabung Mahasiswa di Perbankan Syariah ini ditulis oleh Tia Sari Istiadah, NIM. 17401153215, Pembimbing Nur Aziz Muslim, M. H.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bagaimana perbankan syariah dapat menarik nasabah khususnya mahasiswa agar tertarik menggunakan jasa perbankan syariah. Karena tingkat persaingan yang sangat tinggi antara lembaga keuangan syariah dan non syariah maka strategi perbankan syariah yang harus digunakan adalah dengan melihat faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen yaitu persepsi yang merupakan pandangan seseorang terhadap perbankan syariah, religiusitas merupakan tolak ukur bagaimana seseorang menjalankan syariat agamanya, product knowledge adalah pengetahuan seseorang tentang produk perbankan syariah, dan perlu melihat juga faktor yang mempengaruhi konsumsi yaitu disposable income yang merupakan pendapatan yang tersisa karena tidak habis di konsumsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh persepsi terhadap preferensi menabung di perbankan syariah; (2) Pengaruh tingkat religiusitas terhadap preferensi menabung di perbankan syariah; (3) Pengaruh product knowledge terhadap preferensi menabung di perbankan syariah; (4) Pengaruh diposable income terhadap preferensi menabung di perbankan syariah; (5) Pengaruh persepsi, tingkat religiusitas, product knowledge dan diposable income secara bersama-sama terhadap preferensi menabung di perbankan syariah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif dengan sumber data primer yang diperoleh dari kuesioner yang disebar pada responden mahasiswa Perbankan Syariah. Data kuesioner dianalisis menggunakan SPSS 16.0 dengan melakukan beberapa tahap uji analisis data yaitu, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji linier berganda, uji hipotesis (uji t dan F) dan koefisien determinasi. Dari beberapa tahap analisis tersebut menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut: Y = 2.764 -0,204 X1 + 0,327 X2 + 0,433 X3 + 0,316 X4 +e Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa (1) Variabel persepsi berpengaruh signifikan secara parsial terhadap preferensi menabung. (2)Variabel tingkat religiusitas berpengaruh signifikan secara parsial terhadap preferensi menabung. (3)Variabel product knowledge berpengaruh signifikan secara parsial terhadap preferensi menabung. (4)Variabel diposable income berpengaruh signifikan secara parsial terhadap preferensi menabung. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa (5)Variabel persepsi, tingkat religiusitas, product knowledge dan diposable income berpengaruh signifikan secara bersamasama terhadap preferensi menabung. Kata kunci: Persepsi, Tingkat Religiusitas, Product Knowledge, Diposable Income dan Preferensi Menabung
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Bisnis Islam Ekonomi > Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | 17401153215 TIA SARI ISTIADAH |
Date Deposited: | 30 Apr 2019 03:43 |
Last Modified: | 30 Apr 2019 03:43 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10674 |
Actions (login required)
View Item |