PROFIL BERPIKIR REFLEKTIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS VIII SMPN 2 DURENAN TRENGGALEK

MUHAMMAD NAWAWI, 17204153186 (2019) PROFIL BERPIKIR REFLEKTIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS VIII SMPN 2 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (962kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (389kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (553kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (955kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (119kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (103kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (305kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul Profil Berpikir Reflektif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VIII SMPN 2 Durenan Trenggalek ini ditulis oleh Muhammad Nawawi, NIM. 17204153186, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing: Ummu Sholihah, M.Si. Kata Kunci: Berpikir Reflektif, Pemecahan Masalah, Gaya Kognitif Fenomena yang sering kita jumpai pada proses pembelajaran khususnya matematika,sebagian besar siswa masih belum mampu menerapkan berpikir secara reflektif dalam memecahkan masalah matematika. Mereka tidak menggunakan pengetahuan lamanya dalam menerapkan operasi hitung tentang menyelesaikan masalah sistem persamaan linear dua variabel. Siswa masih belum memahami bagaimana mengoperasikan tanda positif maupun tanda negatif jika ditambah atau dikurangi dengan suatu bilangan. Kemudian menjadi kesulitan dalam menentukan metode yang cocok untuk bisa menyelesaikan masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif siswa dengan gaya kognitif Field Independent dalam memecahkan masalah sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) di kelas VIII SMPN 2 Durenan Trenggalek, 2) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif siswa dengan gaya kognitif Field Dependent dalam memecahkan masalah sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) di kelas VIII SMPN 2 Durenan Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif untuk mendapatkan data yang lebih mendetail dan rinci tentang tingkat kemampuan berpikir reflektif siswa ditinjau dari gaya kognitif. Subjek penelitian adalah 4 siswa kelas VIII B SMPN 2 Durenan Trenggalek dengan 2 kriteria gaya kognitif, yaitu Field Independent dan Field Dependentdengan masing – masing kriteria adalah 2 siswa. Teknikpengumpulan data menggunakan: 1) Tes, 2) Wawancara, 3) Angket, 4) Observasi, dan 5) Dokumentasi. Teknikanalisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan langkah-langkahreduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Tingkat kemampuan berpikir reflektif siswa dengan gaya kognitif Field Independent ada pada tingkat reflektif. Komponen yang dipenuhi siswa pada tingkat ini adalahreacting, comparing, dancontemplating. 2) Tingkat kemampuan berpikir reflektif siswa dengan gaya kognitif Field Dependent ada pada tingkat kurang reflektif, hanya komponen reacting yang di penuhi siswa pada tingkat ini.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153186 MUHAMMAD NAWAWI
Date Deposited: 07 May 2019 07:11
Last Modified: 07 May 2019 07:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10781

Actions (login required)

View Item View Item