Pengaruh Metode Drill Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bilangan Bulat Kelas IV SDI Al-Mubaarok Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2009/2010

Hamida, Utliya (2010) Pengaruh Metode Drill Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bilangan Bulat Kelas IV SDI Al-Mubaarok Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2009/2010. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER&LEMBAR PENGESAHAN.doc

Download (79kB)
[img] Text
BAB I baru.doc

Download (62kB)
[img] Text
BAB II FRESH.doc

Download (230kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (90kB)
[img] Text
BAB IV.doc

Download (524kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (33kB)
[img] Text
DAFTAR ISI-Abstrak.doc

Download (65kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (33kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci : Metode Drill, Prestasi Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh penerapan metode drill kepada siswa. Metode drill diberikan kepada siswa dengan memberikan latihan-latihan terhadap apa yang telah dipelajari siswa sehingga siswa menjadi terampil dalam menyelesaikan masalah terkait dengan materi ajar. Dengan metode drill dalam peneliatian ini, seorang peneliti ingin melihat seberapa besar pengaruhnya terhadap prestasi belajar matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode drill pada materi bilangan bulat di kelas IV SDI Al-Mubaarok?, (2) Adakah pengaruh metode drill terhadap prestasi belajar matematika di kelas IV SDI Al-Mubaarok?.Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah Untuk mengetahui penerapan metode drill pada materi bilangan bulat di kelas IV SDI Al-Mubaarok dan untuk mengetahui secara jelas tentang pengaruh metode drill terhadap prestasi belajar matematika siswa di kelas IV SDI Al-Mubaarok Skripsi ini bermanfaat bagi untuk menambah wawasan pola pikir, sikap serta pengalaman sebagai upaya peningkatan kualitas profesi sebagai pengajar, sebagai masukan dalam pembelajaran khususnya dengan penerapan metode drill Bagi siswa sebagai masukan mengenai pentingnya pengoptimalan pembelajaran matematika dengan menggunakan metode drill guna mencapai prestasi belajar matematika yang optimal Dalam penelitian ini digunakan metode tes, metode observasi, metode dokumentasi, dan metode interview. Metode tes digunakan peneliti untuk mengetahui prestasi belajar matematika siswa di kelas IV SDI Al-Mubaarok. Metode observasi, metode dokumentasi, dan metode interview digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, sarana dan prasarana sekolah, dan dokumen sekolah. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan beberapa metode di atas, diketahui bahwa metode drill dapat membuat siswa lebih memahami konsep operasi pada bilangan bulat. Dalam hal ini penulis menggunakan rumus independent t-tes. Setelah data dianalisis, dari hasil hitung baik manual maupun dengan menggunakan program SPSS 16.00 pada taraf signifikansi 1% maupun 5% ternyata hasil thitung lebih besar dari ttabel . Dengan demikian hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima.hasil penelitian Antara kelas eksperimen dan kelas kontrol terjadi perbedaan yang signifikan (te sebesar 3,226) dengan rata-rata nilai kelas eksperimen dengan metode drill ( = 82,14) lebih tinggi dari pada rata-rata nilai dari kelas kontrol ( = 71,43). Maka dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh metode drill terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas IV SDI Al Mubaarok Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2009/2010. Metode drill memberi pengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika siswa di kelas IV SDI Al-Mubaarok.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 05 Feb 2015 04:20
Last Modified: 05 Feb 2015 04:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1079

Actions (login required)

View Item View Item