ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA BERDASARKAN GENDER DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PISA (PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENT ASSESMENT) KELAS VIII EKSMAP MAT. MTsN MODEL TRENGGALEK

RAHMA DWI ANDINI, 17204153105 (2019) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA BERDASARKAN GENDER DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PISA (PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENT ASSESMENT) KELAS VIII EKSMAP MAT. MTsN MODEL TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (704kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (600kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (398kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (316kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (311kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Penalaran Matematis Berdasarkan Gender Dalam Menyelesaikan Masalah PISA (Programme for International Student Assesment) Kelas VIII EksMap Mat. MTsN Model Trenggalek” ditulis oleh Rahma Dwi Andini, NIM. 17204153105 dan dibimbing oleh Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Penalaran, Gender, Masalah PISA (Programme for International Student Assesment) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan penalaran yang dimiliki oleh siswa. Siswa juga masih banyak yang kurang maksimal dalam mengikuti pembelajaran matematika dan juga dalam menyelesaikan masalah matematika baik berupa soal rutin maupun nonrutin. Setiap siswa laki-laki maupun perempuan juga memiliki kemampuan penalaran yang berbeda-beda. Sejalan dengan hal tersebut, siswa sangat membutuhkan kemampuan penalaran dalam menyelesaikan masalah matematika maupun dalam memahami materi pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa laki-laki dalam menyelesaikan masalah PISA (Programme for International Student Assesment) Kelas VIII EksMap Mat. di MTsN Model Trenggalek, (2) mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa perempuan dalam menyelesaikan masalah PISA (Programme for International Student Assesment) Kelas VIII EksMap Mat. di MTsN Model Trenggalek. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes tulis dan wawancara. Pemilihan subyek dengan purposive sampling yaitu berdasarkan gender siswa, saran dari guru, hasil observasi selama tes berlangsung, dan pencapaian indikator penalaran matematis. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 4 subjek yaitu 2 subjek laki-laki dan 2 subjek perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa laki-laki memenuhi 5 indikator dari 6 indikator penalaran matematis, yaitu: (1) melakukan manipulasi matematika, (2) menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap solusi, (3) menarik Kesimpulan dari pernyataan, (4) memeriksa kesahihan suatu argumen dan (5) menemukan pola atau sifat dari gejala matematis untuk membuat generalisasi. Kemampuan penalaran matematis siswa perempuan memenuhi 4 indikator dari 6 indikator penalaran matematis, yaitu: (1) melakukan manipulasi matematika, (2) menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap solusi, (3) menarik Kesimpulan dari pernyataan, (4) memeriksa kesahihan suatu argumen.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153105 RAHMA DWI ANDINI
Date Deposited: 07 May 2019 02:36
Last Modified: 07 May 2019 02:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10791

Actions (login required)

View Item View Item