Pengaruh Pemberian Motivasi Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Matematika Materi Lingkaran Pada Siswa Kelas VIII MTsN Pulosari Tahun Ajaran 2009/2010

Willy, Yulias (2010) Pengaruh Pemberian Motivasi Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Matematika Materi Lingkaran Pada Siswa Kelas VIII MTsN Pulosari Tahun Ajaran 2009/2010. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I.doc

Download (73kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (215kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (91kB)
[img] Text
BAB IV.doc

Download (430kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (30kB)
[img] Text
Bag Awal.doc

Download (82kB)
[img] Text
cover depan.doc

Download (187kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.doc

Download (34kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Pemberian motivasi kecerdasan emosional dan prestasi belajar matematika siswa Latar Belakang: Pada dasarnya pembelajaran matematika tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan anak dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Akan tetapi matematika memiliki peran yang sangat penting dalam membangun pengetahuan yang berhubungan dengan ilmu-ilmu lain dan mempunyai konstribusi positif dalam pembentukan kepribadian siswa, yang mencangkup kepribadian emosi siswa. Rumusan masalah: 1. Bagaimana tingkat motivasi kecerdasan emosional siswa kelas VIII MTsN Pulosari tahun ajaran 2009/2010?, 2. Adakah perbedaan prestasi belajar matematika materi lingkaran sebelum dan sesudah pemberian motivasi kecerdasan emosional pada siswa kelas VIII MTsN Pulosari tahun ajaran 2009/2010?, 3. Adakah pengaruh pemberian motivasi kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika materi lingkaran pada siswa kelas VIII MTsN Pulosari tahun ajaran 2009/2010? Tujuan Peenelitian: 1. Untuk mengetahui tingkat motivasi kecerdasan emosional siswa kelas VIII MTsN Pulosari tahun ajaran 2009/2010, 2. Untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika materi lingkaran sebelum dan sesudah pemberian motivasi kecerdasan emosional pada siswa kelas VIII MTsN Pulosari tahun ajaran 2009/2010, 3. Untuk mengetahui pengaruh pemberian motivasi kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika materi lingkaran pada siswa kelas VIII MTsN Pulosari tahun ajaran 2009/2010 Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, interview, dan dokumentasi. Metode perlakuan digunakan untuk memberikan pengetahuan kemudian di lihat hasil belajar sebelum dan sesudahnya. Sedangkan metode observasi, interview dan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang populasi, sample, keadaan sekolah, sarana dan prasarana serta dokumen sekolah. Setelah mengadakan penelitian, penulis memperoleh nilai tes Kecerdasan emosional siswa kelas VIII MTsN Pulosari memiliki nilai rata-rata 58,34 dan termasuk dalam klasifikasi Baik. Penulis menggunakan rumus uji t untuk perhitungan prestasi belajar matematika siawa dan diperoleh nilai t empirik (te) sebesar 2,32. Untuk menentukan taraf signifikansi perbedaannya digunakan nilai t teoritik (tt) yang terdapat di dalam nilai-nilai t. Untuk memeriksa tabel nilai-nilai t ditentukan lebih dahulu derajat kebebasan (db) pada keseluruhan distribusi yang diteliti. Rumusnya db = N – 2. Oleh karena jumlah keseluruhan individu yang diteliti sebesar 35 orang, maka db-nya sebesar 35 – 2 = 33. berdasar db = 33, pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai tt sebesar 2,042. Dari nilai-nilai t ini dapat dituliskan sebagai berikut : tt(5%=2,042) < te (=2,32) . Besarnya pengaruh ditentukan oleh koefisien determinan r2 = 01,00 atau sebesar 100%. Ini berarti bahwa meningkatnya atau menurunnya prestasi belajar matematika siswa sebesar 100% dapat dijelaskan oleh penentuan Pengaruh pemberian motivasi kecerdasan emosional siswa melalui hubungan linier yang persamaannya Y = 24,01022+ 1,2541626X. Dalam Tulus Winarsunu dikatakan bahwa “apabila nilai empirik sama atau lebih besar dibanding nilai teoritiknya, maka interpretasi hasil uji statistik tersebut dikatakan signifikan (bermakna atau berarti)” dan pernyataan tersebut di atas maka penelitian ini menolak H0 dan terima H1, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar matematika materi lingkaran antara sebelum dan sesudah perlakuan kecerdasan emosional. Karena terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian motivasi kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika materi lingkaran pada siswa, ini berarti ada pengaruh pemberian motivasi kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika materi lingkaran pada siswa kelas VIII MTsN Pulosari tahun ajaran 2009/2010.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 05 Feb 2015 04:23
Last Modified: 05 Feb 2015 04:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1080

Actions (login required)

View Item View Item