PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG PENGGUNAAN GAME ONLINE PADA PSIKOLOGI SOSIAL DI MI NURUL ISLAM MIRIGAMBAR SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

NURUL ANDAWIYAH, 17205153186 (2019) PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG PENGGUNAAN GAME ONLINE PADA PSIKOLOGI SOSIAL DI MI NURUL ISLAM MIRIGAMBAR SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (752kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (151kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Persepsi Peserta Didik tentang Penggunaan Game Online pada Psikologi Sosial di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Nurul Andawiyah, NIM. 17205153186, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang di bimbing oleh Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata kunci : Game Online, Pola Pikir, Motivasi, Perilaku Sosial 0TPenelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena perkembangan0T 0Tteknologi yang ada di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung yang semakin canggih dengan beragamnya media sosial yang0T0 Tditawarkan khususnya game online, yang bisa dibuat dan dimiliki oleh siapa saja tak0T 0Tterkecuali peserta didik usia sekolah dasar. Dalam menghadapi hal tersebut0T 0Tseorang guru sebagai wali di sekolah berupaya untuk semaksimal mungkin bisa 0T 0Tmemberikan himbauan kepada peserta didik yang belum memiliki account0T 0Tgame online untuk tidak menggunakannya terlebih dahulu tanpa ada pengawasan dari 0T 0Torang tua. Bagi yang sudah terlanjur memiliki account game online diharapkan tidak0T 0Tdigunakan secara berlebihan. 0TFokus penelitian ini adalah : (1) bagaimana persepsi peserta didik tentang0T 0Tpenggunaan game online pada pola pikir di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung? (2) bagaimana persepsi peserta didik tentang0T 0Tpenggunaan game online pada motivasi peserta didik di 0T 0TMI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung? (3) bagaimanakah persepsi peserta didik0T 0Ttentang penggunaan game online pada perilaku social 0T 0Tdengan teman sebaya peserta didik di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung? 0TAdapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk memaparkan persepsi 0T 0Tpeserta didik tentang penggunaan game online pada pola0T 0Tpikir di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung. (2) untuk memaparkan persepsi 0T 0Tpeserta didik tentang penggunaan game online pada0T 0Tmotivasi peserta didik di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung. (3) untuk0T 0Tmemaparkan persepsi peserta didik tentang penggunaan game online pada perilaku sosial dengan teman sebaya peserta didik di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung. 0TMetode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data yang 0T 0Tutama dalam penelitian ini adalah hasil wawancara dari kepala madrasah, guru0T 0Tkelas dan peserta didik. Prosedur pengumpulan data meliputi : metode observasi, 0T 0Tmetode wawancara, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yag digunakan 0T 0Tadalah analisis deskriptif kualitatif meliputi : reduksi data, penyajian data, dan0T 0Tmenarik kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data0T 0Tdengan triangulasi sumber dan teori.Setelah penulis mengadakan penelitian dengan beberapa metode di atas memperoleh hasil bahwa (1) Dalam menanggapi masalah persepsi peserta didik tentang penggunaan game online pada pola pikir sebagian peserta didik di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung setuju kalau game online menjadi salah satu faktor yang membuatnya tidak bisa fokus belajar. Sedangkan sebagian peserta didik lainnya tidak setuju dengan alasan bahwa game online bisa membuatnya semakin giat belajar dengan memperoleh pengetahuan-pengetahuan baru dari game online. (2) Terkait dengan persepsi peserta didik tentang penggunaan game online pada motivasi, game online bukan sesuatu hal yang penting karena mayoritas peserta didik di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung masih memiliki motivasi belajar dari orang tuanya. (3) Terkait persepsi peserta didik tentang penggunaan game online pada perilaku sosial dengan teman sebaya, mayoritas peserta didik di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung menganggap tidak terlalu penting untuk memiliki account game online dalam bersosialisasi dengan teman sebaya karena mereka menganggap bahwa teman bisa didapat darimana saja bukan dari game online saja.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153186 NURUL ANDAWIYAH
Date Deposited: 09 May 2019 03:32
Last Modified: 09 May 2019 03:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10907

Actions (login required)

View Item View Item