ROHMATI, IKA (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS IV DI MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
iain-ta-st-ikarohmati-297-1-skripsi_-5.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh lemahnya pengetahuan para siswa dalam mempelajari Aqidah Akhlak dan menyebabkan hasil belajarnya rendah. Hal ini disebabkan pembelajaran yang dilakukan oleh guru Akhlak kurang bervariasi. Dalam pembelajaran Aqidah Akhlak ada beberapa model pembelajaran yang bias digunakan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya adalah model Numbered Head Together (NHT), yaitu model pembelajaran dengan menggunakan sistem pengelompokan atau tim kecil yang beranggotakan 4-6 orang dengan sistem pengelompokan yang heterogen di mana dalam tahap pelaksanaanya meliputi tahap penomoran, pengajuan pertanyaan, berfikir bersama dan menjawab pertanyaan. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan model Numbered Head Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak materi beriman kepada rasul-rasul Allah siswa kelas IV di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Tulungagung tahun ajaran 2013/2014? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi beriman kepada Rasul-rasul Allah pada siswa kelas IV di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Tulungagung tahun ajaran 2013/2014? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Menjelaskan penerapan model Numbered Head Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak materi beriman kepada rasul-rasul Allah siswa kelas IV di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Tulungagung tahun ajaran 2013/2014. (2) Mendiskripsikan pencapaian hasil belajar siswa dengan menggunakan model Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi beriman kepada rasul-rasul Allah pada siswa kelas IV di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Tulungagung tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IVMI Roudlotul Ulum Jabalsari ulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 75.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 24 Oct 2014 16:05 |
Last Modified: | 24 Oct 2014 16:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/110 |
Actions (login required)
View Item |