Pengaruh Pendekatan Edutainment Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Simetri Pada Bangun Datar Siswa Kelas IV SDI Al Munawwar Pondok Pesantren Panggung Tulungagung Tahun Ajaran 2011/2012

Uswatun, Hasanah, (2012) Pengaruh Pendekatan Edutainment Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Simetri Pada Bangun Datar Siswa Kelas IV SDI Al Munawwar Pondok Pesantren Panggung Tulungagung Tahun Ajaran 2011/2012. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I.doc

Download (68kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (196kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (184kB)
[img] Text
BAB IV.doc

Download (644kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (30kB)
[img] Text
Cover-Abstrak.doc

Download (314kB)
[img] Text
Daftar Rujukan.docx

Download (26kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Pendekatan Edutainment, Hasil Belajar. Sistem pembelajaran selama ini masih sebatas pengajaran atau perpindahan ilmu (Transfer Of Knowledge) saja, yang didominasi guru, sedangkan siswa hanya datang, dengar, duduk, catat, dan hafalan. Paradigma positivistik yang telah merasuki dunia pendidikan seringkali membuat suasana pembelajaran menjadi kaku dan menegangkan. Kondisi yang tidak kondusif ini sangatlah tidak mendukung tercapainya proses dan hasil belajar yang optimal, bahkan sebaliknya bisa menggagalkannya. Belajar hanya akan efektif bila suasana hati anak didik berada dalam kondisi yang menyenangkan. Mengacu pada sifat alamiyah anak, yaitu bermain, pembelajaran edutainment memperkenalkan cara belajar yang bernuansa hiburan/menyenangkan tetapi dengan tidak meninggalkan tujuan pendidikan tersebut. Sehingga diharapkan pembelajaran seperti ini dapat menumbuhkan daya tarik siswa terhadap pelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Adakah pengaruh pendekatan Edutainment terhadap hasil belajar matematika materi Simetri Pada Bangun Datar Siswa Kelas IV SDI Al Munawwar Pondok Pesantren Panggung Tulungagung? 2) Seberapa besar pengaruh pendekatan Edutainment terhadap hasil belajar matematika materi Simetri Pada Bilangan Datar Siswa Kelas IV SDI Al Munawwar Pondok Pesantren Panggung Tulungagung? Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Edutainment Terhadap Hasil Belajar Matematika materi Simetri Pada Bangun Datar Siswa Kelas IV SDI Al Munawwar Pondok Pesantren Panggung Tulungagung. 2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendekatan Edutainment terhadap hasil belajar matematika materi Simetri Pada Bangun Datar Siswa Kelas IV SDI Al Munawwar Pondok Pesantren Panggung Tulungagung. Pola penelitian yang digunakan yaitu eksperimen, variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah pengaruh pendekatan Edutainment . Sedangkan variabel terikatnya (Y) adalah hasil belajar matematika Siswa Kelas IV SDI Al Munawwar Pondok Pesantren Panggung Tulungagung. populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDI Al Munawwar Pondok Pesantren Panggung Tulungagung. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik sampel jenuh atau total sampling yaitu semua anggota populasi menjadi sampel penelitian. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 44 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SDI Al Munawwar Pondok Pesantren Panggung Tulungagung Mulai tanggal 10 April-25 Mei 2012. Teknik yang digunakan untuk pengambilan data yaitu observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh, diolah dengan teknik analisis t-test. Dari hasil penelitian (1) Ada pengaruh yang signifikan pendekatan Ada pengaruh pendekatan Edutainment terhadap hasil belajar matematika materi Simetri Pada Bangun Datar dengan nilai thitung (= 4,222) > ttabel (5% = 2,021), yang berarti bahwa nilai thitung lebih dari nilai ttabel pada taraf 5% (2). Sedangkan besar pengaruh pendekatan Edutainment terhadap hasil belajar matematika materi Simetri Pada Bangun Datar adalah 14,28%. Mengacu dari hasil penelitian tersebut dapat diajukan beberapa saran, yaitu: (1) Bagi Kepala Sekolah agar tujuan Pendidikan Nasional dapat tercapai secara maksimal sebagai kepala sekolah seharusnya selalu megupayakan dan meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan, guna mengembangkan mutu pendidikan khususnya matematika. (2) Guru hendaknya lebih kreatif dalam menyampaikan pelajaran sehingga pembelajaran dapat berlangsung secara efektif. Penerapan pendekatan Edutainment ini dapat dijadikan alternative pemilihan pendekatan pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 05 Feb 2015 07:00
Last Modified: 05 Feb 2015 07:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1101

Actions (login required)

View Item View Item