Pengaruh pembelajaran Pemecahan Masalah Model Polya Dengan Setting Pembelajaran Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Minat, Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTs.Assyafi’iyah Gondang Tulungagung 2009/2010

Dwi Rohmatuningtyas, Nurul (2010) Pengaruh pembelajaran Pemecahan Masalah Model Polya Dengan Setting Pembelajaran Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Minat, Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTs.Assyafi’iyah Gondang Tulungagung 2009/2010. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I.doc

Download (61kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (167kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (83kB)
[img] Text
BAB IV.doc

Download (393kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (28kB)
[img] Text
Cover dan Lampiran.doc

Download (347kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kejenuhan siswa tentang sistem pembelajaran dalam proses belajar mengajar matematika, metode ceramah yang selama ini digunakan membuat siswa bosan dan selalu menganggap sulit pelajaran matematika sehingga peneliti beranggapan bahwa dengan digunakannya metode baru akan lebih membuat siswa bergairah kembali dalam mengikuti proses belajar di kelas sehingga minat siswa meningkat dan hasil belajarpun akan meningkat. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui sejauh mana pengaruh pembelajaran pemecahan masalah model Polya dengan setting pembelajaran tipe Group Investigation (GI) terhadap minat, dan hasil belajar siswa pada kelas VIII di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran pemecahan masalah model Polya dengan setting pembelajaran tipe Grup Investigation (GI) pada siswa kelas VIII MTs. Assafi’iyah Gondang? (2) Bagaimana pengaruh pembelajaran pemecahan masalah model Polya dengan setting pembelajaran tipe Grup Investigation (GI) untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII MTs. Assafi’iyah Gondang? (3) Bagaimana pengaruh pembelajaran pemecahan masalah model Polya dengan setting pembelajaran tipe Grup Investigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs. Assafi’iyah Gondang? Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan pola pikir, sikap dan pengalaman sebagai upaya peningkatan kualitas profesi sebagai pengajar. Bagi MTs Assafi’iyah Gondang sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran, baik dari para guru maupun lembaga pendidikan. Bagi para pembaca sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti. Dalam penelitian ini digunakan metode tes, wawancara, pengamatan (observation), kuesioner atau angket dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar siswa kelas VIII-A di MTs. Assafi’iyah Gondang yang digunakan sebagai sampel penelitian, sedangkan angket digunakan untuk mengetahui sejauhmana minat, belajar siswa. Selain itu ada metode wawancara, dokumentasi dan pengamatan (observation) digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, sarana dan prasarana pendidikan dan dokomen sekolah. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan beberapa metode di atas, penulis menggunakan rumus uji t-test. Setelah data dianalisis, akhirnya dapat disimpulkan bahwa Ada pengaruh yang positif dan signifikan pada pembelajaran pemecahan masalah model polya dengan setting pembelajaran tipe group Investigation terhadap minat, dan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Assyafi’iyah Gondang. . Penghitungan untuk hasil belajar didapat nilai sebesar 5,95, pada taraf signifikansi 5% dan 1% ternyata nilai lebih besar dari pada . Dengan demikian, hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Sehingga terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada pembelajaran pemecahan masalah model polya dengan setting pembelajaran tipe Group Investigation terhadap hasil belajar pada siswa kelas VIII di MTs. Assafi’iyah Gondang Tulungagung. Sedangkan untuk minat belajar didapat nilai sebesar 6,58, pada taraf signifikansi 5% dan 1% ternyata nilai juga lebih besar dari pada . Dengan demikian, hipotesis nihil di tolak dan hipotesis alternatif diterima. Sehingga terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada pembelajaran pemecahan masalah model polya dengan setting pembelajaran tipe Group Investigation terhadap minat belajar siswa pada siswa kelas VIII di MTs. Assafi’iyah Gondang Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 05 Feb 2015 08:17
Last Modified: 05 Feb 2015 08:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1128

Actions (login required)

View Item View Item