JOKO SUSILO, 1702153513 (2019) PERAN BANK INDONESIA DALAM PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH MELALUI KEUANGAN INKLUSIF (Studi Kasus di Perkumpulan Tenaga Kerja Indonesia Purna Binaan KPw Bank Indonesia Kediri). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (619kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (747kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (624kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (12kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (139kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Bank Indonesia dalam pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah melalui Keuangan Inklusif (Studi Kasus di Perkumpulan Tenaga Kerja Indonesia Purna Binaan KPw Bank Indonesia Kediri)” ini ditulis oleh Joko Susilo, NIM. 1702153513, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Dosen pembimbing Dr. Hj. Chusnul Chotimah,M.Ag. Keberhasilan pembangunan nasional ditandai dengan tercipatnya sistem keuangan yang stabil dan memberi manfaat bagi seluruh lapisan masyarakat. Bank Indonesia memiliki program melalui keuangan inklusif. Dan dalam hal ini Bank Indonesia memiliki tiga peran yaitu sosialisasi, edukasi dan monitoring yang mana dapat dimplementasikan UMKM di PERTAKINA. Bank Indonesia memilih PERTAKINA karena memiliki perbedaan dengan UMKM pada umumnya yaitu memberikan edukasi dari zero to hero dan anggota yang tergabung di PERTAKINA mayoritas TKI Purna dan Keluarga TKI. Fokus penelitian dalam penelitian skripsi ini adalah (1) peran Bank Indonesia dalam melakukan sosialisasi keuangan inklusif bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) (2) peran Bank Indonesia dalam melakukan edukasi keuangan inklusif bagi pelaku UMKM (3) peran Bank Indonesia dalam melakukan monitoring keuangan inklusif bagi pelaku UMKM. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran Bank Indonesia dalam melakukan sosialisasi dan monitoring keuangan inklusif bagi pelaku UMKM. Metode penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk mencari data, observasi digunakan untuk mengamati bagaimana peran Bank Indonesia dalam pemberdayaaan UMKM melalui keuangan inklusif dan dokumentasi untuk menelusuri data seperti dokumen – dokumen lembaga. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Peran Bank Indonesia dalam melakukan sosialisasi keuangan inklusif bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah sebagai pemberi informasi, fasilitator dan katalisator yang dilakukan melalui identifikasi dan kebutuhan UMKM terkait keuangan inklusif, perencaan kegiatan dan gambaran umum mengenai keuangan inklusif, 2) Peran Bank Indonesia dalam melakukan edukasi keuangan inklusif bagi pelaku bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah sebagai edukator dalam kegiatan sosialisasi keuangan inklusif melalui pembelajaran keuangan inklusif, medorong UMKM yang belum unbankable menjadi bankable danmelakukan edukasi terkait remitansi, dan 3) Peran Bank Indonesia dalam melakukan monitoring keuangan inklusif bagi pelaku bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah sebagai pihak yang melakukan monitoring dan evaluasi terkait kegiatan yang telah dilakukan dengan cara membangun networking, pendampingan secara terus menerus, melakukan monitoring berkelanjutan, dan monitoring sekaligus evaluasi bagi Bank Indonesia. Kata Kunci : Peran Bank Indonesia, Pemberdayaan, UMKM dan Keuangan Inklusif
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 17402153513 Joko Susilo |
Date Deposited: | 15 May 2019 02:43 |
Last Modified: | 02 Apr 2020 06:22 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11327 |
Actions (login required)
View Item |