Upaya Ustadz Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Santri Dalam Memahami Kitab Kuning - Studi Kasus Di Pon Pes Al-Hikmah Kauman Tulungagung

Fadlilurrosyidin, Ahmad (2010) Upaya Ustadz Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Santri Dalam Memahami Kitab Kuning - Studi Kasus Di Pon Pes Al-Hikmah Kauman Tulungagung. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I - JADI.doc

Download (60kB)
[img] Text
BAB II-edit.doc

Download (107kB)
[img] Text
BAB III - JADI-2.doc

Download (88kB)
[img] Text
BAB IV - JADI-2e.doc

Download (295kB)
[img] Text
BAB V - JADI-2e.doc

Download (32kB)
[img] Text
COVER DPN.doc

Download (111kB)
[img] Text
COVER, DLL.doc

Download (78kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.doc

Download (24kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa telah terjadi penurunan semangat belajar santri dalam mengkaji kitab kuning, terutama dalam dalam kegiatan sebagai rentetan kegiatan madrasah dan ngaji balah. Banyak santri yang malas untuk mendalami kitab kajian. Baik untuk giat menghafal nadzom-nadzom ilmu nahwu yang biasa dihafal sebagai kegiatan rutin. Termasuk kegiatan untuk masuk madrasah secara aktif sebagai wahana belajar kitab kuning. Pumpung masih ada kesempatan dan belum terlambat, diharapkan nantinya ditemukan solusi yang efektif. Rumusan masalah: 1.Upaya apa yang telah dilakukan ustadz dalam menangani kasus penurunan kesemangatan belajar santri ?; 2. Seberapa efektifkah upaya yang dilakukan ustadz tersebut ?; 3. Apabila tidak efektif, solusi apa yang bisa ditawarkan ?;. Tujuan penelitian: a. Mengetahui faktor pendukung dan penghambat semangat belajar santri; b. Menemukan solusi terkait dengan kasus kesemangatan belajar santri dalam mengkaji kitab kuning Metode penelitian: Dalam penelitian ini peneliti menggunakan model penelitian kualitatif. Di sini terdapat 3 metode yang dipakai yaitu :1. Metode observasi. Obsevasi dilakukan terhadap tempat tinggal santri, aktor pendidikan (ustadz, pengasuh), dan aktifitas santri ; 2. Metode wawancara (interview). Interview dilakukan terhadap asatidz yang siap dan berkenan disamping kami anggap mumpuni dalam kasus yang sedang diteliti. membantu peneliti. 3. Metode dokumentasi. Berupa data, arsip pondok pesantren. 4. Trianggulasi. Pada paparan dan temuan data peneliti banyak mengeksplorasi data dari lapangan terutama yang yang masih berkaitan dengan kasus kesemangatan belajar. Juga kami berikan analisis dan paparan-paparan. Namun ternyata apa yang ada dipangan tak akan bunyi dan berarti banyak jika tidak diberi tafsir. Sebab memang sifat kualitatif adalah seperti itu, interpretative. Selanjutnya pertanyaan dalam kasus dan paparan data kami jawab dengan hasil intervew. Interview kami lakukan kepada beberapa ustadz sepuh yang kami anggap siap untuk melakukan dialog. Pada bagian akhir kami paparkan kesimpulan berkaitan dengan kasus dalam penelitian kami. Sekaligus berbagai hal yang merupakan kesimpulan data yang telah kami sajikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 06 Feb 2015 01:33
Last Modified: 06 Feb 2015 01:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1136

Actions (login required)

View Item View Item