ANALISIS PERAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (Pkh) TERHADAP PENGENTASAN KEMISKINAN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus di Desa Mojoranu)

NANDIA SASKHITA PUTRI, 17402153182 (2019) ANALISIS PERAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (Pkh) TERHADAP PENGENTASAN KEMISKINAN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus di Desa Mojoranu). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (377kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (118kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (153kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (401kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul, “Aanalisis Peran Program Keluarga Harapan Terhadap Pengentasan Kemiskinan Perspektif Ekonomi Islam” yang ditulis oleh Nandia Saskhita Putri NIM. 17402153182 telah dengan pembimbing Muhammad Aswad, MA. Kemiskinan pada dasarnya merupakan bentuk masalah yang muncul dalam kehidupan masyarakat, khususnya masyarakat berkembang seperti Indonesia. Masyarakat dikatakan berada dibawah garis kemiskinan apabila pendapatannya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup yang paling pokok seperti pangan, pakaian dan sebagainya. Dalam hal itu pemerintah berusa untuk melakukan kebijakan dalam mengatasai masalah tersebut dengan mengeluarkan program bantuan tunai bersyarat yang dikenal dengan Program Keluarga Harapan (PKH) yang diliris pada tahun 2007. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peran program keluarga harapan (PKH) dalam pengentasan kemiskinan di Desa Mojoranu serta juga mengkaitkan dengan ekonomi islam yang mengandung maqashid syariah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Yang mana sumber data berasal dari data primer yang didapat melalui wawancara dan observasi sementara data, data sekunder didapat dari data statistic, buku laporan desa dan buku panduan. Teknik yang digunakan yaitu teknik obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Peran Program Keluarga Harapan (PKH) dalam mengentaskan kemiskinan di Desa Mojoranu Sooko Kabupaten Mojokerto menemukan konsep program PKH yang bertujuan untuk memberikan kesejahteraan kepada masyrakat melalui perbaikan pendidikan, kesehatan dan perbaikan ekonomi. Terdapat implementasi dalam program PKH tersebut yang mana program pengentasan kemeskinan ini di Desa Mojoranu meliputi pertemuan dan sosialisasi, penentuan yang menerima manfaat serta penyalurannya. Untuk hasil program PKH yang berdasarkan dengan teori Maqashid al-Syariah menunjukkan konsep Maqashid al-Syariah dalam peran atau implementasi program PKH di Desa Mojoranu. Yang mana terdapat unsur pemeliharaan agama (hifzu din), pemeliharaan akal (Hifzu al-aql), pemeliharaan jiwa (HIfzu al-Nash),pemeliharaan keturunan (Hifzu al-Nasl) dan pemerliharaan harta (Hifzu al-Mal). Kata Kunci: Program Keluarga Harapan(PKH), Kemiskinan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402153182 NANDIA SASKHITA PUTRI
Date Deposited: 16 May 2019 04:51
Last Modified: 16 May 2019 04:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11387

Actions (login required)

View Item View Item