PENGARUH KEAKTIFAN MENGIKUTI GERAKAN PRAMUKA PENGGALANG TERHADAP KECAKAPAN SOSIAL (LIFE SKILL) PESERTA DIDIK DI MI DARUSSALAM II PIKATAN WONODADI BLITAR

ANISA NURHIDAYATI, 17205153095 (2019) PENGARUH KEAKTIFAN MENGIKUTI GERAKAN PRAMUKA PENGGALANG TERHADAP KECAKAPAN SOSIAL (LIFE SKILL) PESERTA DIDIK DI MI DARUSSALAM II PIKATAN WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (674kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR pustaka.pdf

Download (186kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Keaktifan Mengikuti Gerakan Pramuka Terhadap Kecakapan Hidup (Life Skill) peserta didik di MI Darrusalam II Pikatan Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Anisa Nurhidayati, NIM. 17205153095, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, yang dibimbing oleh Dra. Hj St Noer Farida Laila, M. A Kata Kunci: Keaktifan Mengikuti Pramuka, Kecakapan Hidup Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh fenomena kemajuan zaman yang mengharuskan setiap individu memiliki kecakapan hidup (life skill) dan tujuan gerakan pramuka yang akan membentuk sikap dan perilaku yang positif, menguasai keterampilan dan kecakapan serta memiliki kecerdasan emosional sehingga dapat menjadi manusia yang berkepribadian indonesia. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh signifikan keaktifan siswa dalam mengikuti gerakan pramuka penggalang terhadap kecakapan personal peserta didik di MI Darussalam II Pikatan Wonodadi Blitar Tahun Pelajaran 2018/2019?, (2) Adakah pengaruh signifikan keaktifan siswa dalam mengikuti gerakan pramuka penggalang terhadap kecakapan sosial peserta didik di MI Darussalam II Pikatan Wonodadi Blitar Tahun Pelajaran 2018/2019?, (3) Adakah pengaruh signifikan keaktifan siswa dalam mengikuti gerakan pramuka penggalang terhadap kecakapan akademik peserta didik di MI Darussalam II Pikatan Wonodadi Blitar Tahun Pelajaran 2018/2019?, (4) Adakah pengaruh signifikan keaktifan siswa dalam mengikuti gerakan pramuka penggalang terhadap kecakapan vokasional peserta didik di MI Darussalam II Pikatan Wonodadi Blitar Tahun Pelajaran 2018/2019?, (5) Adakah pengaruh signifikan keaktifan siswa dalam mengikuti gerakan pramuka penggalang terhadap kecakapan hidup (life skill) peserta didik di MI Darussalam II Pikatan Wonodadi Blitar Tahun Pelajaran 2018/2019? Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif lokasi penelitiannya di MI Darrusalam II Pikatan Wonodadi Blitar. Pengambilan sampel menggunakan tekhnik sampling jenuh dengan mengambil seluruh populasi. Dalam pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi dengan analisis t test dan manova. Hasil penelitian mengungkapkan (1) Hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa keaktifan mengikuti gerakan pramuka penggalang berpengaruh terhadap kecakapan personal dengan hasil hipotesis didapat nilai thitung adalah 3.327 dan diketahui nilai ttabel 2,009 sehingga thitung>ttabel dan taraf sign 0,024 < 0,05. (2) Hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa keaktifan mengikuti gerakan pramuka penggalang berpengaruh terhadap kecakapan sosial dengan hasil hipotesis didapat nilai thitung adalah 5.137 dan diketahui nilai ttabel 2,009 sehingga thitung>ttabel dan taraf sign 0,000 < 0,05. (3) Hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa keaktifan mengikuti gerakan pramuka penggalang berpengaruh terhadap kecakapan xiii akademik dengan hasil hipotesis didapat nilai thitung adalah 4.741 dan diketahui nilai ttabel 2,009 sehingga thitung>ttabel dan taraf sign 0,000 < 0,05. (4) Hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa keaktifan mengikuti gerakan pramuka penggalang berpengaruh terhadap kecakapan vokasional dengan hasil hipotesis didapat nilai thitung adalah 4.441 dan diketahui nilai ttabel 2,009 sehingga thitung>ttabel dan taraf sign 0,000 < 0,05. (5) Hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa keaktifan mengikuti gerakan pramuka penggalang berpengaruh terhadap kecakapan hidup (life skill) dengan hasil hipotesis nilai signifikansi untuk Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace, Roy's Largest Root = 0.000. jadi, nilai signifikansi lebih kecil dari pada taraf signifikansi 0.05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153095 Anisa Nurhidayati
Date Deposited: 16 May 2019 04:25
Last Modified: 26 Mar 2020 13:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11403

Actions (login required)

View Item View Item