IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI MTS RADEN PAKU TRENGGALEK

Kholis, Nur (2008) IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI MTS RADEN PAKU TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I.doc

Download (70kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (154kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (83kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (31kB)
[img] Text
SAMPUL & LAMPIRAN.doc

Download (3MB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi oleh keberadaan madarasah sangat menonjol oleh karena dua hal. Pertama, pendidikan madrasah selama ini seakan-akan tersisih dari mainstream pendidikan nasional sekalipun berkenaan dengan pendidikan anak bangsa. Kedua, madrasah sebagai pendatang baru dalam sistem pendidikan nasional relatif menghadapi kendala dalam hal mutu, manajemen dan kurikulumnya. Dengan lahirnya Permendiknas Nomor 22 tahun 2006 tentang pemberlakuan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang mempunyai karakteristik pemberian otonomi luas kepada sekolah dan satuan pendidikan, partisipasi masyarakat dan orang tua yang tinggi, kepemimpinan yang demoklratis dan profesional dan team kerja yang kompak dan transparan, memberikan peluang luas kepada sekolah khususnya sekolah ”plus” untuk mengembangkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan. Namun demikian hal ini masih dihadapkan pada kurangnya SDM yang mampu mengelola dan mengembangkan pada satuan pendidikan. MTs Plus Raden Paku Trenggalek merupakan madrasah yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Raden Paku Trenggalek sehingga membuka peluang dalam pengembangan kurikulum sesuai ciri khasnya. Lebih lanjut lembaga ini merupakan lembaga pendidikan salafiyah yang dikelola dengan sistem ashriyah (modern) yang ada di kabupaten Trenggalek. Dalam hal ini peneliti melakukan penelitian terkait implementasi KTSP di madrasah tersebut. Pokok bahasan yang manjadi fokus masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana kurikulum yang digunakan di MTs Plus Raden Paku Trenggalek? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran di MTs Plus Raden Paku Trenggalek? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran di MTs Plus Raden Paku Trenggalek? Skripsi ini sangat bermanfaat bagi penulis khususnya dan dunia pendidikan pada umumnya untuk bahan referensi dalam rangka mengimplementasikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di Madrasah. Skripsi ini juga bermanfaat bagi mahasiswa atau khalayak, sebagai bahan pertimbangan untuk mengadakan penelitian tentang implementasi KTSP yang terjadi di tempat lain. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan observasi, wawancara dan dokumentasi, lalu dianalisis secara induktif. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan beberapa metode diatas memperoleh hasil bahwa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di MTs Plus Raden Paku Trenggalek diterapkan dengan memadukan kurikulum dari Yayasan Pondok Pesantren Modern Raden Paku Trenggalek. Penulis menyimpulkan bahwa peran serta penulis sangat menentukan validitas data. Paparan data hasil penelitian dan temuan penelitian adalah merupakan hasil analisis data.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 06 Feb 2015 01:58
Last Modified: 04 Jun 2020 07:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1146

Actions (login required)

View Item View Item