STRATEGI GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN IBADAH DI MTSN 2 TULUNGAGGUNG

ANI ARIFAH, 17201153430 (2019) STRATEGI GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN IBADAH DI MTSN 2 TULUNGAGGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB l.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB ll.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (144kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (105kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan Judul ‘Strategi Guru Fiqih dalam meningkatkan disiplin ibadah di MTsN 2 Tulungagung. Ini ditulis oleh Ani Arifah, NIM 17201153430,Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) , Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing Oleh Dosen Zainudin, S.Ag,M.Pd.I. Kata Kunci : Strategi Peningkatan, Kedisiplinan Beribadah Penelitian ini dilatar belakangi dengan pentingnya pembelajaran Fiqih sebagai sarana yang paling efektif untuk membangun kehidupan seperti sebuah fenomena adanya siswa yang kurang disiplin terutama dalam Hal beribadah. Dengan Pendekatan, Perencanaan, Teknik, dan Evalusi Peningkatan kedisiplinan beribadah siswa di MTsN 2 Tulungagung, Dan masih adanya siswa yang mengambaikan shalat lima waktu, kesadaran mereka untuk menjalankan perintah agamanya masih kurang. Sudah menjadi tanggung jawab orang tua dirumah dan sekolah sebagai lembaga pendidikan untuk mendidik dan mengarahkan dan seperti yang dilakukan di MTsN 2 Tulungagung. Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Perencanaan guru fiqih dalam meningkatkan disiplin ibadah siswa di MTsN 2 Tulungagung? (2) Pelaksanaan guru fiqih dalam meningkatkan disiplin ibadah siswa di MTsN 2 Tulungagung? (3) Guru fiqih mengevaluasi pembelajaran untuk meningkatkan disiplin ibadah siswa di MTsN 2 Tulunggung?Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Data deskriptif adalah data yang diperoleh berupa kata-kata yang kemudian berusaha dideskripsikan dan diinterprestasikan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan prosedur reduksi data, penyajian data, dan penarikan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian di MTsN 2 Tulungagung Tunggangri Penulis menyimpulkan bahwa : (1) Meningkatan Kedisiplinan beribadah siswa di MTsN 2 Tulungagung dengan menggunakan pendekatan individual, kelompok,dan pembiasaan membaca surat-surat pendek sebelum pelajaran dimulai,agas siswa lebih mudah menghafal serta menerapkannya ke dalam kehidupan sehari-hari, (2) Perencanaan Guru fiqih dalam meningkatkan disiplin ibadah siswa di MTsN 2 Tulungagung,Sebelum melakukan pembelajaran guru membuat perencanaan berupa perangkat pembelajaran yang meliputi Rencana Pelaksanaan pembelajaran, Program Semester, Program Tahunan, Perencanaan ini dimaksudkan untuk mengarahkan pembelajaran supaya dapat berjalan dengan semestinya dan tercapai tujuan untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di MTsN 2 Tulungagung, (3) Evaluasi yang dilakukan oleh guru fiqih di MTsN 2 Tulungagung didalam kelas guru melakukan evaluasi formatif untuk mengembangkan cara mengajar siswa agar lebih mudah difahami seperti salah satunya pelajaran fiqih.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153430 ANI ARIFAH
Date Deposited: 21 May 2019 03:35
Last Modified: 21 May 2019 03:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11474

Actions (login required)

View Item View Item