AINUN HABIBI, 17201153531 (2019) PERAN ORGANISASI IPNU IPPNU DALAM PEMBENTUKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI PERAN ORGANISASI IPNU IPPNU DALAM PEMBENTUKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI SMK ISLAM KOTA BLITARISLAM KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (700kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (715kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (667kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (602kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (320kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul "Peran Organisasi IPNU IPPNU Dalam Membentuk Akhlak Siswa di SMK Islam Kota Blitar" ini ditulis oleh Ainun Habibi. NIM. 17201153531, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Tulungagung, pembimbing Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag. Kata kunci: peran organisasi IPNU IPPNU, membentuk Akhlak Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan dilatarbelakangi adanya peran dari sebuah organisasi dimana organisasi tersebut merupakan organisasi Islam di tingkat pelajar usia 15-27 tahun yang didalamnya diajarkan mengenai akhlakul karimah untuk mengebangkan sifat baik dari seorang pelajar dalambertingkah laku di masyarakat. Dengan adanya organisasi IPNU IPPNU ini siswa diharapkan bias mengembangkan akhlakul karimahnya melalui kegiatan yang positif didalamnya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : (1) bagaimana peran organisasi IPNU IPPNU dalam pembentukan akhlakul karimah siswa di SMK Islam Kota Blitar? (2) bagaimana dampak organisasi IPNU IPPNU dalam pembentukan akhlakul karimah siswa di SMK Islam Kota Blitar? Dan (3) bagaimana hambatan organisasi IPNU IPPNU dalam pembentukan akhlakul karimah siswa di SMK Islam Kota Blitar. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah peran tersendiri IPNU IPPNU dalam proses pembentukan akhlakul karimah siswa di SMK Islam Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, dengan jenis penelitian deskriptif, lokasi penelitiannya berada pada SMK Islam Kota Blitar, sumber data yang diperoleh dari dua sumber data yaitu sumber data primer dan sekunder, metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif, sedangkan pengecekan datanya menggunakan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian ini meliputi: (1) organisasi IPNU IPPNU memiliki peran yang sangat penting didalam SMK Islam Kota Blitar ini karena organisasi Islam ini sesuai dengan ranah pelajar yang dimana segala keahlian dan bakat keislaman pada pelajar dapat tersalurkan didalamnya sehingga memiliki wadah sebagai penyaluran bakat keislamannya tanpa harus mengikuti ekstrakulikuler lainnya serta di SMK Islam ini juga merupakan Lembaga Pendidikan Ma‟arif NU yang dimana harus terdapat Organisasi IPNU IPPNU didalamnya. (2) dampak dari adanya organisasi IPNU IPPNU sendiri pada siswa SMK Islam Kota Blitar sangatlah positif karena di IPNU IPPNU siswa dapat menggunakan waktu luangnya untuk berorganisasi yang baik sesuai ajaran dalam Ahlussunnah wal Jamaah sesuai dengan dirinya tanpa ada paksaan dari orang lain serta juga dapat menumbuhkan sifat Tawasuth, Tasamuh, Tawazun dan I‟tidal pada dirinya. (3)hambatan pada organisasi IPNU IPPNU dalam pembentukan akhlakul karimah siswa SMK Islam Kota Blitar tidak terlalu mendominasi karena organisasi ini adalah organisasi Keislaman dan khusus untuk pelajar sehingga sesuai dengan ranah seorang siswa sebagai seorang pelajar Islam.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153531 AINUN HABIBI |
Date Deposited: | 17 Jun 2019 03:04 |
Last Modified: | 17 Jun 2019 03:04 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11573 |
Actions (login required)
View Item |