Muhtadin, Muhtadin (2008) Pembinaan Moral Santri Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi’ien Ngunut Tulungagung Tahun 2005-2006. [ Skripsi ]
Text
b3.doc Download (83kB) |
|
Text
BAB V.doc Download (29kB) |
|
Text
b4.doc Download (818kB) |
|
Text
cov..doc Download (464kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.doc Download (40kB) |
Abstract
Kata Kunci: Pembinaan Moral,Moral Santri. Latar Belakang Masalah: Salah satu jenis pendidikan agama yang masuk pada kurikulum pendidikan nasional adalah pendidikan agama Islam. Pendidikan agama Islam inilah satu-satunya pendidikan agama wahyu yang murni membawa nilai-nilai ajaran moral atau bisa dikenal dalam ilmu agama akhlaqul karimah. Pada dasawarsa terakhir ini permasalahan moral (akhlak al-karimah) menjadi perbincangan yang hangat di kalangan para ahli, terutama para Ulama dan pendidik. Keseriusan perbincangan mengenai moral ini karena tidak hanya melihatkan para orang dewasa saja, melainkan sudah melibatkan anak-anak dan remaja, padahal mereka adalah generasi penerus bangsa. Rumusan Masalah: 1) Bagaimana peranan pembinaan pendidikan aqidah Islam dalam pembentukan moral di pondok pesantren Hidayatul Mubtadiien?, 2) Bagaimana peranan pembinaan pendidikan syariah Islam dalam pembentukan moral di pondok pesantren Hidayatul Mubtadiien?, 3. Bagaimana peranan pembinaan pendidikan akhlak Islam dalam pembentukan moral di pondok pesantren Hidayatul Mubtadiien?, 4) Bagaimana peranan pembinaan pendidikan agama Islam dalam pembentukan moral di pondok pesantren Hidayatul Mubtadiien?. Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan pola pikir, sikap dan pengalaman sebagai upaya peningkatan moral santri. Bagi Pondok pesantren Hidayatul Mubtadiien ngunut, sebagi sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan moral santri, baik bagi para guru maupun lembaga pendidikan. Bagi para pembaca sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti. Dalam penelitian ini digunakan metode angket, dokumentasi dan interview. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang etika sosial siswa pondok pesantren Hidayatul Mubtadiien yang digunakan sebagi objek penelitian. Sedangkan metode dokumentasi dan interview digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, sarana dan prasarana pendidikan dan dokumen pondok. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan beberapa metode di atas, penulis menggunakan rumus Persentase. Setelah data dianalisis, akhirnya dapat disimpulkan bahwa ada peranan yang baik antara pendidikan Islam pembinaan moral santri di pondok pesantren Hidayatul Mubtadi’ien Ngunut Tulungagung Tahun 2005-2006.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 06 Feb 2015 03:06 |
Last Modified: | 06 Feb 2015 03:06 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1162 |
Actions (login required)
View Item |