INOVASI PEMBELAJARAN SKI (Studi Multi Situs di MA Darul Hikmah dan MA Al-Ma’arif)

SITI NUR HASANAH, 17506164063 (2019) INOVASI PEMBELAJARAN SKI (Studi Multi Situs di MA Darul Hikmah dan MA Al-Ma’arif). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (481kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (79kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (203kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Inovasi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa( Studi Multi Situs di MA Darul Hikmah dan MA Al Ma’arif )”. Ditullis oleh Siti Nur Hasanah dengan dibimbing oleh Drs. H. Muwahid Shulhan, M.Ag dan Dr. Abd. Aziz, M. Pd. Kata Kunci: Inovasi Pembelajaran, Prestasi Belajar Siswa Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa guru dalam menyampaikan materi SKI sering menggunakan metode ceramah saja. Dengan menggunakan metode ceramah yang tidak disertai metode lain akan membuat peserta didik merasa bosan mengiktui pembelajaran, sehingga materi yang disampaikan oleh guru tidak bisa diterima dan dipahami oleh peserta didik. Oleh karena itu perlu adanya inovasi pembelajaran SKI untuk menjadikan pembelajaran SKI lebih menarik yang membuat peserta didik lebih semangat mengikuti pembelajaran SKI. Fokus penelitiannya Inovasi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, dengan pertanyaan penelitian: (1) Bagaimana Inovasi Pendekatan Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam Meningkatkan Prestasi siswa di MA Darul Hikmah dan MA Al Ma’arif(2) Bagaimana Inovasi strategi pembelajaran sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MA Darul Hikmah dan MA Al Ma’arif (3) BagaimanInovasi Metode Pembelajaran SKI dalam Meningkatkan Prestasi belajar siswa di MA Darul Hikmah dan MA Al Ma’arif (4) Apa Faktor pendukung dan penghambat INOVASI PEMBELAJARAN SKI di MA Darul Hikmah dan MA Al Ma’arif Tujuan penelitian Tesis ini: Secara teoritis, penelitian ini merupakan sumbangan untuk memperkaya khazanah ilmiah tentang fenomena Inovasi Pembelajaran Secara praktis, sebagai masukan bagi lembaga perpustakaan dalam rangka upaya meningkatkan minat baca siswa melalui pengelola perpustakaan sekolah. Penulisan tesis ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif yang disajikan dalam bab pertama dan kedua, yang masing-masing membahas pendahuluan dan tinjauan pustaka, sedangkan dalam paparan data/temuan dan pembahasan penelitian ada dalam bab keempat. Dalam pemabahasan ini penulis menggunakan metode interview, observasi dan dokumentasi serta pengumpulan dokumen-dokumen dan data yang valid. Dari hasil penelitian yang diperoleh oleh peneliti dilapangan, penulismenyimpulkan bahwa, (1)Inovasi Pendekatan Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan prestasi Belajar Siswa ialah: Pendekatan pengalaman, Pendekatan pembiasaan, Pendekatan emosional, Pendekatan rasional, Pendekatan fungsional, Pendekatan CTL (Contekstual Teaching Learning), Peningkatan SDM Guru, pendekatan induktif-deduktif. (2) Inovasi Strategi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan prestasi Belajar Siswa ialah: dimulai dengan do’a dilanjutkan dengan apresepsi kemudian menjelaskan materi kepada siswa, pelaksanaan pembelajaran mengacu pada tata tertib lembaga pendidikan, penerapan strategi penyampaian pembelajaran SKI, penggunaan media pembelajaran, pembuatan RPP. (3)Inovasi Metode Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan prestasi Belajar Siswa ialah: Inovasi metode pembelajaran terjadi didalam maupun diluar kelas, para siswa aktif mengikuti kuis yang diadakan oleh guru, metode TPR (Total Physical Response), selain itu metode ceramah. Guru menggunakan metode Demonstration Real Object, metode diskusi yang tidak kalah aktifnya, guru menyuruh untuk mementaskan drama, penerapan kartu pintar, dalam penjiwaan karakter atau tokoh sejarah menerapkan Metode role playing ( bermain peran ), penggunaan media dalam pembelajaran di kelas dilakukan sesuai dengan materi dan alokasi waktu, bentuk pembelajaran yang dilakukan oleh guru bervariatif disesuaikan dengan materi, bentuk pembelajaran klasikal, penerapan belajar kelompok atau beregu (4) Faktor Pendukung dan Penghambat Inovasi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan prestasi Belajar Siswa ialah: Faktor pendukung inovasi Pembelajaran diantaranya:Dorongan dari dalam pribadi guru, keinginan guru untuk meningkatkan pengetahuan siswa, semangat anak dalam belajar, sarana prasarana, guru memiliki kompetensi, guru mempunyai kemampuan Pemahaman terhadap peserta didik, guru mempunyai kemampuan Perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, dan melaksanakan evaluasi hasil belajar, guru mempunyai kemampuan pengembangan potensi siswa sehingga mampu mengaktualisasikan kemampuan mereka.Sedangkan diantara faktor penghambat inovasi Pembelajaran diantaranya:Kembali kepada dorongan guru, masalah yang ada pada diri guru, kemampuan siswa dalam menerima cara mengajar guru dengan metode atau media tertentu yang telah direncanakan, kurangnya saran prasarana, keadaaan peserta didik yang melebihi kapasitas, rendahnya motifasi peserta didik.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17506164063 SITI NUR HASANAH
Date Deposited: 25 Jun 2019 04:44
Last Modified: 25 Jun 2019 04:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11667

Actions (login required)

View Item View Item