Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Guided Discovery pada Materi Segiempat untuk Siswa Kelas VII

Zakiyyah Ma‟sum, Imarilist (2014) Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Guided Discovery pada Materi Segiempat untuk Siswa Kelas VII. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Bagian Awal.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Penelitian dan Pengembangan, Modul, Pendekatan Guided Discovery, Hasil Belajar Penelitian dalam skiripsi ini dilatarbelakangi oleh kondisi belajar mengajar yang ada di lapangan dimana guru masih sering menggunakan metode konvensional. Hal ini mengakibatkan perkembangan menganalisis, keaktifan, dan berfikir siswa kurang. Di lapanganpun sering ditemukan bahan ajar yang kurang menuntun siswa lebih aktif. Oleh karena itu untuk mendorong siswa lebih aktif dan kreatif dibuatlah sebuah produk pengembangan matematika berupa modul dengan pendekatan guided discovery. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana modul matematika dengan pendekatan guided discovery pada materi segiempat yang dikembangkan?, (2) Apakah ada pengaruh penggunaan modul matematika dengan pendekatan guided discovery pada materi segiempat terhadap hasil belajar? Adapaun yang menjadi tujuan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah mendeskripsikan hasil produk pengembangan modul matematika dengan pendekatan guided discovery pada materi segiempat dan juga mengetahui pengaruh penggunaan modul matematika dengan pendekatan guided discovery pada materi bangun datar terhadap segiempat. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan Borg & Gall. Prosedur pengembangan modul ini melalui beberapa tahap, yaitu (1) Penelitian dan Pengumpulan Data, (2) Perencanaan, (3) Penyususn Bahan Ajar dalam Bentuk Modul, (4) Uji Validasi Modul, (5) Revisi Produk Final, (6) Desiminasi dan Impelmentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil validasi dari pakar bahan ajar, pakar guided discovery, dan praktisi lapangan menunjukkan secara beruturut-turut 76%, 82%, dan 81% hal ini berarti bahwa modul yang dikembangkan ini valid/layak digunakan, (2) nilai rata-rata kelas eksperimen yang menggunakan produk pengembangan adalah 87,47, sedangkan kelas control yang tidak menggunakan produk pengembangan adalah 68,28. Kelas eksperimen lebih tinggi 19,19 dari kelas control, (3) hasil analisis data dari post test dengan menggunakan analisis t-test menghasilkan nilai t sebesar 7,908. Nilai ini lebih dari nilai t-tabel yang memiliki nilai 2,000 pada kepercayaan 95%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas control. Dari ketiga hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan modul matematika dengan pendekatan guided discovery pada materi segiempat untuk kelas VII.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 10 Feb 2015 06:36
Last Modified: 10 Feb 2015 06:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1170

Actions (login required)

View Item View Item