ADDINA BADIATUS SOLIKHAH, 17204153080 (2019) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI MTs AL HUDA KEDUNGWARU. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (476kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (440kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (75kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (255kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (451kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (90kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (184kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Teorema Pythagoras di MTs Al Huda Kedungwaru” ini ditulis oleh Addina Badiatus Solikhah, NIM 17204153080, pembimbing Dra. Umy Zahroh, M.Kes, Ph.D Kata Kunci : Penalaran Matematis, Teorema Pythagoras Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan penalaran siswa yang masih rendah dalam memecahkan soal matematika. Siswa masih kesulitan dalam memberikan alasan yang tepat terhadap suatu permasalahan yang telah dikerjakan serta kebingungan dalam memberikan kesimpulan terhadap suatu pernyataan. Padahal seharusnya kemampuan penalaran sangat dibutuhkan ketika siswa memcahkan suatu permasalahan, karena dengan begitu siswa akan mudah menerapkannya dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan Untuk (1) mendiskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa yang berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal matematika Teorema Pytagoras kelas VIII di MTs Al Huda Kedungwaru (2) mendiskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa yang berkemampuan sedang dalam menyelesaikan soal matematika Teorema Pytagoras kelas VIII di MTs Al Huda Kedungwaru (3) mendiskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa yang berkemampuan rendah dalam menyelesaikan soal matematika Teorema Pytagoras kelas VIII di MTs Al Huda Kedungwaru Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A di MTs Al Huda Kedungwaru. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa yang dimiliki dengan menggunakan 4 butir soal uraian yang berbentuk soal cerita. Wawancara dilaksanakan untuk mengetahui secara mendalam kemampuan penalaran matematis siwa dalam menyelesaikan soal yang diikuti 6 siswa dari 20 siswa yang dipilih berdasarkan kemampuan siswa yaitu 2 siswa dengan kemampuan tinggi, 2 siswa dengan kemampuan sedang, dan 2 siswa dengan kemampuan rendah. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Siswa yang berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal matematika memenuhi pada indikator menyajikan pernyataan secara lisan dan tertulis; mengajukan dugaan; melakukan manipulasi matematika; menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap beberapa kebenaran solusi; menarik kesimpulan dari suatu pernyataan; dan memeriksa kesahihan argument, menemukan pola atau sifat dari gejala matematis untuk membat generalisasi. (2) Siswa yang berkemampuan sedang dalam menyelesaikan soal matematika memenuhi pada indikator menyajikan pernyataan secara lisan dan tertulis; mengajukan dugaan dan melakukan manipulasi matematika. (3) Siswa yang berkemampuan rendah dalam menyelesaikan soal matematika memenuhi pada indikator menyajikan pernyataan secara lisan dan tertulis dan mengajukan dugaan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204153080 ADDINA BADIATUS SOLIKHAH |
Date Deposited: | 26 Jun 2019 02:26 |
Last Modified: | 26 Jun 2019 02:26 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11708 |
Actions (login required)
View Item |