Yuni, Mafisqida (2010) Pengaruh Pendekatan Pengajaran Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Karangrejo Tulungagung. [ Skripsi ]
Text
BAB I EDITAN.doc Download (72kB) |
|
Text
BAB I.doc Download (52kB) |
|
Text
BAB II, new.doc Download (169kB) |
|
Text
BAB II.doc Download (181kB) |
|
Text
BAB III.doc Download (83kB) |
|
Text
BAB IV.doc Download (504kB) |
|
Text
BAB V.doc Download (40kB) |
|
Text
CUOVER.doc Download (99kB) |
|
Text
daftar pustaka.doc Download (33kB) |
Abstract
Kata Kunci : Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa, Pengaruh Pendekatan Pengajaran Reciprocal Teaching. Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan yang harus dibina melalui pendidikan. Hal itu sesuai dengan tujuan pembelajaran matematika yaitu mengembangkan aktivitas kreatif yang melibatkan imajinasi, intuisi dan penemuan dengan mengembangkan pemikiran divergen, orisinal dan rasa ingin tahu membuat prediksi dan dugaan serta mencoba-coba. Banyak pendekatan pengajaran yang merangsang siswa untuk belajar mandiri, kreatif, dan lebih aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Salah satu pendekatan pengajaran yang bisa digunakan dalam strategi pembelajaran matematika yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar mandiri, lebih aktif, dan kreatif adalah dengan pendekatan Reciprocal Teaching. Reciprocal Teaching merupakan suatu pendekatan terhadap pengajaran siswa akan strategi-strategi belajar, yang menerapkan empat strategi pemahaman mandiri, yaitu: menyimpulkan bahan ajar, menyusun pertanyaan dan menyelesaikannya, menjelaskan kembali pengetahuan yang telah diperolehnya, kemudian memprediksikan pertanyaan apa selanjutnya dari persoalan yang disodorkan kepada siswa. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah : “1). Bagaimana penerapan pengajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan berfikir kreatif matematika siswa kelas VIII MTsN Karangrejo, 2). Adakah pengaruh pengajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan berfikir kreatif matematika siswa kelas VIII MTsN Karangrejo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan pendekatan pengajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan berfikir kreatif dan adakah pengaruh pendekatan pengajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan berfikir kreatif. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN Karangrejo Tulungagung pada bulan Mei 2010. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan menggunakan 2 kelas. Satu kelas sebagai kelompok eksperimen, satu kelas sebagai kelompok kontrol . Kelompok eksperimen dengan menggunakan pendekatan pengajaran reciprocal teaching sedangkan kelompok kontrol dengan menggunakan pengajaran konvensional. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII D dan kelas VIII E dengan jumlah 74 siswa terdiri dari 36 siswa laki-laki dan 38 siswa perempuan. Proses pembelajaran berlangsung dengan mengikuti langkah-langkah Pendekatan pengajaran reciprocal teaching. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian pendekatan pengajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan berfikir kreatif matematika siswa kelas VIII di MTsN Karangrejo Tulungagung pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar, sangat membantu siswa dalam pembelajaran matematika. Melalui empat langkah dalam pengajaran reciprocal teaching yaitu klarifikasi, prediksi, bertanya, dan merangkum siswa lebih mudah memahami konsep-konsep baru dalam pembelajaran matematika sehingga mampu membuat mata pelajaran matematika yang dianggab sulit dan menakutkan menjadi lebih menarik dan menyenangkan serta mampu dengan mudah diterima siswa. Setelah memberikan treatment dengan pendekatan pengajaran reciprocal teaching (kelompok eksperimen) dalam pembelajaran matematika, ada pengaruh terhadap kemampuan berfikir kreatif matematika siswa kelas VIII di MTsN Karangrejo Tulungagung. Hal ini sesuai dengan perhitungan program SPSS 16.0 yang menggunakan analisis Uji t untuk sampel yang tidak berkorelasi. Hasil perhitungan data menunjukkan bahwa harga t0=6,692 lebih besar dari harga tt=2,00(5%) atau 2,66(1%). Sehingga dapat dilihat baik pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1% (2,00<6,692>2,66). Dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X dan variabel Y. Dalam arti kata “Terdapat pengaruh yang signifikan antara pendekatan pengajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan berfikir kreatif matematika siswa kelas VIII MTsN Karangrejo Tulungagung”.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Inggris |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 10 Feb 2015 06:57 |
Last Modified: | 10 Feb 2015 06:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1178 |
Actions (login required)
View Item |