IVA YUFIKA SANTI, 17201153125 (2019) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU PAI DI MTs N 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
1. COVER.pdf Download (846kB) | Preview |
|
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (197kB) | Preview |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (22kB) |
||
|
Text
4. BAB I.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB II.pdf Download (407kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB III.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (459kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB V.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB VI.pdf Download (96kB) | Preview |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (174kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru PAI”, ditulis oleh Iva Yufika Santi, NIM 17201153125, Dosen Pembimbing Lailatuzz Zuhriyah, M.Fil.I., NIP. 19860528 201403 2 002. Kata kunci: peran kepala madrasah, kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, profesional. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa perubahan yang memberikan peluang besar kepada pemimpin untuk mengembangkan nilai-nilai kepemimpinan pada era ini. Ancaman dan tantangan akan datang silih berganti dengan memerlukan keteguhan sikap dan kecenderungan menangkap peluang dan merancang masa depan. Penelitian ini mencoba mencari jawaban atas fenomena tersebut, bagaimana kedudukan atau posisi (status) kepala madrasah sebagai seorang pemimpin yang baik, jujur, bijaksana, serta bagaimana usaha yang harus dilakukan untuk meningkatkan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam, yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Fokus penelitian ini adalah 1. Bagaimana peran kepala madrasah dalam meningkatakan kompetensi pedagogik guru PAI di MTs N 5 Tulungagung, 2. Bagaimana peran kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi kepribadian guru PAI di MTs N 5 Tulungagung, 3. Bagaimana peran kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi sosial guru PAI di MTs N 5 Tulungagung, 4. Bagaimana peran kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru PAI di MTs N 5 Tulungagung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk 1. Mengetahui peran kepala madrasah dalam meningkatakan kompetensi pedagogik guru PAI di MTs N 5 Tulungagung, 2. Mengetahui peran kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi kepribadian guru PAI di MTs N 5 Tulungagung, 3. Mengetahui peran kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi sosial guru PAI di MTs N 5 Tulungagung, 4. Mengetahui peran kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru PAI di MTs N 5 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan yang menggunakan metode studi kasus. Sumber data utama adalah kepala madrasah. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini: 1. Peran kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI yaitu yang pertama peran kepala madrasah sebagai manajer, kemudian peran kepala madrasah sebagai administrator, dan terakhir peran kepala madrasah sebagai evaluator. 2. Dalam meningkatkan xviii kompetensi kepribadian guru diantaranya peran kepala madrasah sebagai inovator, dan sebagai supervisor. 3. Kemudian kompetensi sosialnya, yaitu peran kepala madrasah sebagai innovator, dan yang kedua peran kepala madrasah sebagai supervisor. 4. Yang terakhir peran kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru, yang pertama peran kepala madrasah sebagai manajer, kmudian sebagai motivator, sebagai administrator, dan yang terakhir peran kepala madrasah sebagai supervisor.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153125 IVA YUFIKA SANTI |
Date Deposited: | 28 Jun 2019 06:30 |
Last Modified: | 28 Jun 2019 06:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11795 |
Actions (login required)
View Item |