Nanang, Rianto (2010) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN JARIMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG DALAM SUB BAB OPERASI HITUNG BILANGAN PADA SISWA KELAS II MIN KUNIR WONODADI BLITAR TAHUN JARAN 2009/2010. [ Skripsi ]
Text
ABSTRAK.doc Download (30kB) |
|
Text
BAB III Revisi.doc Download (138kB) |
|
Text
BAB IV.doc Download (561kB) |
|
Text
BAB V.doc Download (34kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA2.doc Download (49kB) |
Abstract
Kata Kunci : Jarimatika, Operasi Hitung Bilangan. Skripsi ini dilatar belakangi oleh, adanya fenomena yang terjadi pada masyarakat yang beranggapan bahwa kemampuan berhitung orang sekarang jauh lebih rendah daripada kemapuan berhitung orang sekarang, jika orang dahulu dapat melakukan perhitungan tanpa alat Bantu apapun maka zaman sekarang seseorang yang melakukan perhitungan maka membutuhkan alat Bantu, karena ketergantungannya dengan alat Bantu pada khususnya alat elktronik inilah yang menyebabkan menjadi ketergantungan. Penelitian ini juga didasari dengan adanya pemikiran bahwa dasar dari matematika adalah operasi hitung matematika ( aritmatika ) sedangkan operasi hitung dasar yang ada dalam matematika tersusun atas : Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian, dan Pembagian jadi jika ingin mahir dalam matematika maka siswa harus diperkuat kemampuannya dalam operasi hitung bilangan. Rumusan masalah dalam skripsi ini : (a). Bagaimanakah tingkat kemampuan berhitung dalam perkalian tanpa menggunakan alat Bantu elektronik pada siswa II MIN Kunir Wonodadi Blitar. (b). Bagaimanakah tingkat kemampuan pemahaman siswa tentang Operasi Hitung dalam Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian dan Pembagian pada siswa Kelas II MIN Kunir Wonodadi Blitar. (c). Bagaimanakah cara Menggunakan jarimatika untuk berhitung oleh siswa pada operasi hitung matematika pada siswa Kelas II MIN Kunir Wonodadi Blitar. (d). Adakah pengaruh dalam penguasaan jarimatika terhadap kemampuan siswa dalam berhitung pada siswa kelas II MIN Kunir Wonodadi Blitar. Adapun tujuan dari penulisan karya ilmiah ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh kemmpuan berhitung Siswa, Tingkat pemahaman Siswa, bagaimanakah Cara Siswa untuk menggunakan jarimatika, dan adakah perbedaan antara siswa yang menggunakan jarimatika dengan yang tidak menggunakan jarimatika pada Siswa Kelas II MIN Kunir Wonodadi Blitar Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi ini bermanfaat bagi penulis pada khususnya yakni menambah wawasan dan pengetahuan tentang pengajaran berhitung pada siswa tingkat sekolah dasar. Juga bermanfaat bagi pihak Madrasah untuk Tolok ukur pengambilan kebijakan selanjutnya. Juga bermanfaat bagi Guru bidang Study, dengan skripsi ini dapat dijadikan bahan intropeksi untuk melakukan hal – hal yang selama ini dirasa belum cukup demi keberhasilan proses belajar mengajar. Juga bermanfaat bagi siswa dengan bertambahnya pengetahuan khususnya pada jarimatika. Terdapat 2 Hipotesis dalam skripsi ini yakni : H0 := tidak terdapat perbedaan antara siswa yang mengerjakan berhitung menggunakan jarimatika dengan yang tanpa menggunakan jarimatika, H1 := terdapat perbedaan antara siswa yang mengerjakan berhitung menggunakan jarimatika dengan yang tanpa menggunakan jarimatika. Pada penelitian ini peneliti menggunakan Metode Test, Kuesioner Tertutup, dan dokumentasi untuk memperoleh data tentang kemampuan berhitung siswa Kelas II MIN Kunir Wonodadi Blitar Tahun Ajaran 2009/2010 sedangkan Metode Interview, dan dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data tentang populasi, Sampel, sarana, dan Prasarana pendidikan yang mendukung proses pembelajaran yang dimiliki oleh Madsrasah Ibtidaiyah Negeri Kunir Wonodadi Blitar. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan beberapa metode yang telah disebutkan diatas, penulis menggunakan Rumus prsentase untuk mengetahui seberapakah tingkat kemampuan dan pemahaman siswa pada sub pokok bahasan Operasi Hitung Bilangan. Kemudian penulis menggunakan metode dokumentasi untuk mengetahui bagaimanakah cara siswa menggunakan jarimatika untuk menyelesaikan Permasalahan Pada Sub pokok bahasan operasi hitung bilangan. Pada tahap akhir penelitian ini penulis menggunakan uji Anava ( Analisis of Variance, uji F ) untuk mengetahui adakah perbedaan antara siswa yang menggunakan jarimatika dengan yang tanpa menggunakan jarimatika, dari hasil yang diperoleh baik menggunakan tarap Signifikansi 1% maupun 5% didapat FHitung > Ftabel¬, dengan demikian dapat diambil kesimpulan terdapat perbedaan antara siswa yang mengerjakan dengan menggunakan Jarimatika dengan yang Tanpa Menggunakan Jarimatika pada Siswa Kelas II MIN Kunir Tahun ajaran 2009/2010.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 10 Feb 2015 07:05 |
Last Modified: | 10 Feb 2015 07:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1181 |
Actions (login required)
View Item |