KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI LINGKARAN BERDASARKAN TAHAPAN NEWMAN SISWA KELAS VIII MTsN 1 BLITAR TAHUN AJARAN 2018/2019

LAILATUL AZIZAH, 17204153073 (2019) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI LINGKARAN BERDASARKAN TAHAPAN NEWMAN SISWA KELAS VIII MTsN 1 BLITAR TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Lailatul Azizah, 17204153073, 2019, “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Lingkaran Berdasarkan Tahapan Newman Siswa Kelas VIII MTsN 1 Blitar Tahun Ajaran 2018/2019” Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing: Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci:Pemecahan Masalah; Tahapan Newman; Gaya Belajar; Lingkaran Pada saat proses mengerjakan soal siswa akan melalui proses dimana siswa mengalami masalah yang mengharuskan siswa untuk memiliki kemampuan pemecahan masalah, yang nantinya dapat membantu siswa tersebut menyelesaikan masalah yang dialami. Tahapan Newman dapat membantu mengecek kemampuan pemecahan masalah siswa. Tahapan ini memiliki 5 tahapan yaitu, membaca masalah (reading), memahami masalah (comprehension), transformasi masalah (transformation), keterampilan proses (process skill), penulisan jawaban akhir (encoding).Pemecahan masalah juga dipengaruhi oleh gaya belajar. Dengan keragaman gaya belajar siswa MTsN 1 Blitar, memotivasi peneliti ingin mengetahui kemampuan pemecahan siswa kelas VIII-7 MTsN 1 Blitar dalam menyelesaikan masalahyang ditinjau dari gaya belajar. Adapun tujuan penelitian ini: untuk kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan tahapan Newman bagi siswa dengan gaya belajar auditori, visual dan kinestetik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Penelitian dilaksanakan di MTsN 1 Blitar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes dan wawancara. Angket digunakan untuk mengetahui kecenderungan gaya belajar siswa. Tes yang diberikan adalah tes masalah kontekstual yang berkaitan dengan Lingkaran. Teknik wawancara digunakan untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan tahapan Newman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa gaya belajar auditori,visual, dan kinestetik. Berdasarkan hasil penelitian, (1) siswa gaya belajar auditori mampu melalui semua tahapan pemecahan masalah berdasarkan tahapan Newman dan indikator tercapai dengan baik. (2) Siswa dengan gaya belajar visual tidak mampu melalui semua tahapan pemecahan masalah berdasarkan tahapan Newman dan indikator tidak tercapai dengan baik. (3) Siswa dengan gaya belajar auditori mampu melalui semua tahapan pemecahan masalah berdasarkan tahapan Newman kecuali tahapan penulisan jawaban akhir dan indikator dapat tercapai dengan baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153073 Lailatul Azizah
Date Deposited: 05 Jul 2019 03:03
Last Modified: 02 Apr 2020 12:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11818

Actions (login required)

View Item View Item