Siti Komsiatu, Zunasiin (2012) Penerapan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV DI SDI Al-Munawwar Tulungagung. [ Skripsi ]
Text
ABSTRAK.doc Download (27kB) |
|
Text
BAB I.doc Download (73kB) |
|
Text
BAB II.doc Download (130kB) |
|
Text
BAB III.doc Download (108kB) |
|
Text
BAB IV-V.doc Download (354kB) |
|
Text
HALAMAN JUDUL.doc Download (420kB) |
Abstract
Kata Kunci : Pembelajaran kontekstual, hasil belajar, IPA Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh adanya keresahan bahwa masih rendahnya daya serap siswa. Hal ini tampak dari rata-rata hasil belajar siswa cukup memprihatinkan. Penggunaan metode pembelajaran yang masih bersifat konvensional sehingga pada pembelajaran cenderung berpusat pada guru sedangkan siswa cenderung pasif. Kenyataan yang terjadi sekarang ini yang masih menjadi masalah utama yaitu hasil belajar yang masih rendah dan beranggapan bahwa pelajaran IPA itu rumit dan sulit untuk dipahami. Hal ini erat kaitannya dengan bagaimana seorang guru dalam menyampaikan materi, menggunakan metode atau media yang cocok untuk siswa. Salah satu pembelajaran yang ditawarkan peneliti adalah menggunakan pembelajaran kontekstual, diharapkan dengan menggunakan pembelajaran tersebut dapat membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajarnya sehingga tujuan pengajaran dapat tercapai. Dalam peneliti ini memiliki 2 rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimana penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV Al-Munawar, Tulungagung?, (2) Apakah penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV Al-Munawwar, Tulungagung?. Hipotesis dari penelitian ini adalah jika guru menerapkan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) maka dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV di SDI Al-Munawwar Tulungagung. Penerapan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classrrom Action Research). Dalam PTK ini tahap penelitian terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, dengan tujuan untuk membandingkan nilai sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar siswa sebelum tindakan rata-rata 76 prosentase ketuntasan 72% dengan taraf keberhasilan cukup dan setelah tindakan rata-rata 81 prosentase ketuntasan 82% dengan taraf keberhasilan baik. Pada siklus II meningkat menjadi 86 prosentase ketuntasan 95% dengan taraf keberhasilansangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPA.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 10 Feb 2015 07:28 |
Last Modified: | 10 Feb 2015 07:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1189 |
Actions (login required)
View Item |