Penerapan Multimedia Dalam Meningkatkan Penguasaan Materi Fiqh Di MTsN Munjungan Trenggalaek 2009/2010

Anjar, Mukoyaroh (2010) Penerapan Multimedia Dalam Meningkatkan Penguasaan Materi Fiqh Di MTsN Munjungan Trenggalaek 2009/2010. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I ANJAR.doc

Download (395kB)
[img] Text
COVER ANJAR.doc

Download (200kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ANJAR BENAR.doc

Download (45kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara (Pasal 1 UU Sisdiknas). Media pembelajaran sebagai wahana penyalur atau wadah pesan pembelajaran, mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses belajar mengajar. Disamping dapat menarik perhatian siswa, media pembelajaran juga dapat menyampaikan pesan yang mampu mendekati benda sebenarnya sehingga guru tidak perlu menjelaskan secara rumit tentang sesuatu hal yang tidak dapat ditampilkan secara langsung atau konkrit. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan multimedia dalam meningkatkan penguasaan materi dan Bagaimana hasil penerapan multimedia dalam meningkatkan penguasaan materi fiqh di MTsN Munjugan Trenggalek.. Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan dan pengalaman khususnya meningkatkan kualitas mengajar. Bagi MTsN Munjungan sebagai sumbangan pemikiran dan bagi guru untuk menambah pengetahuan dalam proses belajar mengajar. Dalam penelitian ini digunakan metode Observasi. Wawancara dan dokumentasi. Observasi ini peneliti gunakan untuk menggali data, lebih khususnya berkaitan dengan mengamati atau memperhatikan beberapa hal yaitu; keadaan lembaga pendidikan MTsN Munjungan, baik berupa bangunan, situasi lingkungan, tenaga pendidik dan proses belajar mengajar yang berlangsung.metode wawancara peneliti gunakan untuk mengumpulkan data tentang penerapan multimedia dan hasil penerapan multimedia dalam meningkatkan penguasaan materi fiqih. Adapun sumber data dalam pengumpulan data ini adalah Guru materi fiqih, guru-guru yang lain juga siswa kelas VIII C. Dengan metode dokumentasi ini penulis berusaha mengumpulkan data dari dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penerapan multimedia dalam meningkatkan penguasaan materi fiqih di MTsN Munjungan Kab Trenggalek. Dokumen-dokumen tersebut yaitu; beberapa gambar atau poto-poto tentang penerapan multimedia, data guru, siswa dan sarana prasarana. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan beberapa metode di atas, penulis dapat menyimpulkan bahwa penerapan multimedia siswa lebih untuk belajar dan lebih cepat mengusai materi berlangsung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 10 Feb 2015 07:41
Last Modified: 10 Feb 2015 07:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1194

Actions (login required)

View Item View Item