PENGEMBANGAN MEDIA MATH PLOT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV MI MAFTAHUL ULUM KARANGSONO 01 BLITAR

Vira Malya, 12505174050 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA MATH PLOT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV MI MAFTAHUL ULUM KARANGSONO 01 BLITAR. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (456kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (272kB)
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (698kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (826kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (202kB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul “Pengembangan Media Math Plot dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IV MI Maftahul Ulum Karangsono 01 Blitar” ini ditulis oleh Vira Malya dibimbing oleh Dr. Luk luk Nur Mufidah, M.Pd.I, dan Dr. Fathul Mujib M.Ag. Kata Kunci : Pengembangan Media Pembelajaran, Math Plot, Matematika Pengembangan media math plot ini didasarkan pada observasi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti. Melalui observasi tersebut peneliti menemukan beberapa masalah dimana peserta didik beranggapan bahwa matematika adalah mata pelajaran yang sulit, mereka cenderung menyerah sebelum mencoba mengerjakan soal-soal matematika. Persepsi seperti itu akan memengaruhi minat peserta didik dalam mempelajari matematika, sehingga dikhawatirkan hasil belajar peserta didik akan menurun. Selain itu belum tersedianya media pembelajaran yang menyenangkan dan sesuai dengan karakteristik peserta didik usia sekolah dasar yang masih senang bermain. Sehingga peneliti mengembangkan media math plot yang diadaptasi dari permainan monopoli. Dengan media tersebut peserta didik dapat belajar sambil bermain, dan media tersebut mampu meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik sesuai dengan kebutuhan guru dan peserta didik dilapangan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana desain media math plot dalam meningkatkan hasil belajar matematika kelas IV MI Maftahul Ulum Karangsono 01? (2) Bagaimana kelayakan media math plot dalam meningkatkan hasil belajar matematika kelas IV MI Maftahul Ulum Karangsono 01? (3) Bagaimana efektifitas penggunaan media math plot dalam meningkatkan hasil belajar matematika kelas IV MI Maftahul Ulum Karangsono 01? Tesis ini bertujuan untuk (1) Memaparkan desain media math plot dalam meningkatkan hasil belajar matematika kelas IV MI Maftahul Ulum Karangsono 01 (2) Mengetahui kelayakan media math plot dalam meningkatkan hasil belajar matematika kelas IV MI Maftahul Ulum Karangsono 01 (3) Mengetahui tingkat efektifitas penggunaan media math plot dalam meningkatkan hasil belajar matematika kelas IV MI Maftahul Ulum Karangsono 01? Pendekatan yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Prosedur penelitian yang digunakan adalah adaptasi dari model pengembangan Borg and Gall yang disederhanakan menjadi 7 tahapan diantaranya adalah (1) Penelitian dan pengumpulan data (2) Perencanaan (3) Pengembangan produk (4) Validasi produk (5) Revisi hasil validasi produk (6) Uji coba kelompok besar (7) Revisi hasil uji coba kelompok besar. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil (1) Temuan permasalahan tentang kebutuhan media pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar Matematika. Media pembelajaran yang dihasilkan berupa media math plot. Math plot merupakan media papan yang didesain menggunakan CorelDraw x7 dan dicetak menggunakan Art Paper yang kemudian ditempel pada papan kayu. (2) Hasil validasi produk oleh ahli media pada aspek kebahasaan media sebesar 90% dari ahli media pertama dan 85% dari ahli media kedua. Pada aspek penyajian media sebesar 83,88% dari ahli media pertama dan 91,67% dari ahli media kedua. Aspek efek media terhadap pembelajaran sebesar 85% dari ahli media pertama dan 95% dari ahli media kedua. Aspek kelayakan tampilan menyeluruh sebesar 85% dari ahli media pertama dan 90% dari ahli media kedua. Sedangkan hasil analisis validasi materi oleh ahli materi terhadap soal pre test sebesar 100% dari ahli materi pertama dan ahli materi kedua. Prosentase soal post test sebesar 81,25% dari ahli materi pertama dan 87,50% dari ahli materi kedua. Prosentase soal-soal yang ada pada media math plot sebesar 81,25% dari ahli materi pertama dan 93,75% dari ahli materi kedua. (3) Hasil belajar peserta didik pada pre test memperoleh rata-rata sebesar 61,25 dan pada pelaksanaan post test memperoleh rata-rata sebesar 84. Adapun prosentase ketuntasan pada saat pre test hanya sebesar 25% dan meningkat pada saat post test menjadi 85% dengan perolehan nilai terendah 70 dan nilai tertinggi 100. Berdasarkan data yang diperoleh, menunjukkan bahwa media math plot layak atau valid untuk dijadikan media pembelajaran matematika, selain itu media tersebut juga efektif digunakan untuk peserta didik sekolah dasar karena media tersebut dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV MI Maftahul Ulum Karangsono 01 Blitar. Disarankan bagi sekolah yang memiliki permasalahan yang hampir sama dalam materi Keliling dan Luas Bangun Datar, dapat menerapkan media math plot bagi peserta didik kelas IV Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 12505174050 Vira Malya
Date Deposited: 14 Aug 2019 07:42
Last Modified: 14 Aug 2019 07:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11984

Actions (login required)

View Item View Item