NURUL AFIFAH, 17201153188 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP KREATIVITAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTsN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (742kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (470kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (935kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (887kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (88kB) | Preview |
Abstract
xvi ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Kreativitas Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII di MTsN 2 Tulungagung” ini ditulis oleh Nurul Afifah, NIM. 17201153188, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Lailatuzz Zuhriyah, M.Fil.I. NIP. 19860528 201403 2 002 Kata kunci: Metode Role Playing, Kreativitas Belajar, Motivasi Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak dikarenakan beberapa faktor. Diantara faktor tersebut adalah metode pembelajaran kurang menarik, siswa tidak terlibat dalam proses pembelajaran, serta siswa kurang termotivasi untuk belajar karena menganggap Aqidah Akhlak membosankan. Dengan demikian diperlukan inovasi baru dalam pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan metode Role Playing. Metode Role Playing merupakan sandiwara tanpa naskah, tanpa latihan terlebih dahulu sehingga dilakukan secara spontan, masalah yang didramakan adalah mengenai tentang situasi sosial. Bermain peran dalam suatu pembelajaran dapat menjadikan siswa pasif menjadi lebih aktif dan dapat menggembangkan imajinasi dalam diri siswa, membangun percaya diri siswa, membuat semangat dan antusiasme siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan metode role playing terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII di MTsN 2 Tulungagung. 2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan metode role playing terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII di MTsN 2 Tulungagung. 3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan metode role playing terhadap kreativitas dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII di MTsN 2 Tulungagung. Metode penelitian: penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya Eksperimen semu, variabel bebas: metode role playing (X), variabel terikat: kreativitas belajar (Y1) dan motivasi belajar (Y2). Populasi: seluruh siswa kelas VIII di MTsN 2 Tulungagung yang berjumlah 425 siswa. Sampling: cluster random sampling. Sampel: 71 siswa. Sumber data: responden dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data: observasi, angket dan dokumentasi. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t-test dan uji Manova. Hasil penelitian: 1) Ada pengaruh metode role playing terhadap kreativitas belajar siswa, dibuktikan dengan thitung 2,666> ttabel 1,995 dengan signifikansi 0,10<0,05. 2) Ada pengaruh metode role playing terhadap motivasi belajar siswa, dibuktikan dengan thitung 3,457>ttabel 1,995 dengan signifikansi 0,001 <0,05. 3) Ada pengaruh metode role playing terhadap kreativitas dan motivasi belajar siswa, dibuktikan dengan Fhitung 8,820>Ftabel 3,13 dengan signifikansi 0,000<0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153188 NURUL AFIFAH |
Date Deposited: | 15 Jul 2019 03:29 |
Last Modified: | 15 Jul 2019 03:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12028 |
Actions (login required)
View Item |