PENAFSIRAN AYAT-AYAT PENCIPTAAN BUMI (Telaah Komparatif Surat Al-Baqarah dan Fushilat Al-Qur‘an dan Tafsirnya dan Tafsir ‘Ilmi: Penciptaan Bumi )

AINUR ROSYIDAH, 17503164003 (2019) PENAFSIRAN AYAT-AYAT PENCIPTAAN BUMI (Telaah Komparatif Surat Al-Baqarah dan Fushilat Al-Qur‘an dan Tafsirnya dan Tafsir ‘Ilmi: Penciptaan Bumi ). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (858kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (905kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Penafsiran Ayat-Ayat Penciptaan Bumi (Telaah komparatif surat al-Baqarah dan Fushilat al-Qur‘an dan Tafsirnya dan Tafsir ‘Ilmi:Penciptaan Bumi). Ditulis oleh Ainur Rosyidah, NIM:17503164003, Pembimbing Dr. Salamah Noorhidayati, M.Ag. dan Dr. Ahmad Zainal Abidin, MA. Kata Kunci: Penciptaan, Bumi, Komparatif. Penelitian Tesis ini dilatarbelakangi perkembangan ilmu pengetahuan yang terus maju dan berkembang dari waktu ke waktu. Perkembangan tersebut menjadikan asal mula penciptaan bumi mengalami perubahan teori. Perubahan ini didasari oleh temuan ilmiah dari para ilmuan, yang didukung dengan kecanggihan alat teknologi. Hal yang sama juga terjadi pada penafsiran ayat-ayat kauniyah tentang penciptaan bumi, yang selalu mengalami perkembangan makna dan penjelasan. Hal ini terjadi karena disesuaikan dengan penemuan ilmiah yang baru, sehingga dalam penafsiran ayat-ayatnya disesuaikan dengan bahasa yang digunakan dalam teori ilmiah. Adapun rumusan masalahnya 1. Bagaimana penafsiran ayat-ayat penciptaan bumi dalam surat al-Baqarah dan fushilat kitab al-Qur‘an dan Tafsirnya dan Tafsir ‘ilmi: Penciptaan bumi? 2. Bagaimana analisis komparatif penafsiran ayat-ayat penciptaan bumi dalam surat al-Baqarah dan fushilat Al-Qur‘an dan Tafsirnya dan Tafsir ‘ilmi: Penciptaan bumi? Adapun tujuan penelitiannya 1.Untuk mendeskripsikan kandungan ayat dan penafsiran ayat-ayat penciptaan bumi dalam surat al-Baqarah dan Fushilat kitab Al-Qur‘an dan Tafsirnya dan Tafsir ‘ilmi: Penciptaan bumi 2. Untuk memaparkan analisis komparatif penafsiran ayat-ayat penciptaan bumi dalam surat al-Baqarah dan Fushilat Al-Qur‘an dan Tafsirnya dan Tafsir ‘ilmi: Penciptaan bumi. Adapun bentuk penelitian ini bersifat menjelaskan (explanatory). Sedangkan metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan objektif yang bersifat aksegesis (tafsir). Kemudian metode pelaksanaan penelitiannya yaitu deskriptif, studi perbandingan. Hasil penelitian penafsiran ayat-ayat penciptaan bumi dari kedua kitab tersebut adalah 1. Dilihat dari segi manfaat penciptaan bumi kedua kitab tersebut menjelaskan bahwa bumi sebagai tempat tinggal manusia dan menyediakan segala macam kebutuhan manusia oleh karena itu bumi harus dijaga kelestarianya. 2.Dilihat dari segi persamaanya, kedua kitab tersebut menunjukkan bahwa tujuan penciptaan bumi yaitu mengajak manusia memikirkan tentang segala macam ciptaan Allah. Sehingga seseorang semakin kuat imannya dan mendapatkan ilmu pengetahuan. 3.Dilihat dari segi wujudnya, Allah menciptakan wujud bumi dengan luas yang bisa ditempati oleh manusia, tumbuhan dan hewan dengan waktu yang sangat singkat.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Al-Quran Dan Tafsir
Depositing User: 17503164003 AINUR ROSYIDAH
Date Deposited: 12 Jul 2019 03:08
Last Modified: 12 Jul 2019 03:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12082

Actions (login required)

View Item View Item