ENDANG SUNARSIH, 17204153182 (2019) PROSES BERPIKIR MATEMATIS SISWA BERDASARKAN KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) KELAS VIII MTs. IMAM AL GHOZALI PANJEREJO. [ Skripsi ]
Text
COVER .pdf Download (540kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (343kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (229kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (349kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (168kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Proses Berpikir Matematis Siswa dan Kemampuan Penalaran Adaptif pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) kelas VIII MTs Imam Al Ghozali Panjerejo” ini ditulis oleh Endang Sunarsih, NIM. 172041531 82, Program studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. Muniri, M. Pd. Kata Kunci: Proses berpikir matematis, Kemampuan Penalaran, Penalaran Adaptif. Dalam menyelesaikan soal matematika subjek akan melalui proses berpikir dalam aktivitasnya. Proses berpikir matematis subjek dapat dilihat melalui dua proses yaitu asimilasi dan akomodasi. Subjek dikatakan Asimilasi ketika subjek mampu menyelesaikan soal denga mudah dan tepat karena siswa mampu menggunakan pengalamannya untuk menyelesaikan persoalan sesuai dengan yang diperintahkan, sedangkan subjek dikatakan proses berpikirnya Akomodasi, ketika subjek tidak sepenuhnya memberikan jawaban benar dan kesulitan dalam mengerjakan persoalan yang diberikan. Proses berpikir subjek ini juga dilihat berdasarkan Kemampuan Penalaran Adaptif dengan kelima indikatornya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana Prose berpikir Matematis siswa dan Kemampuan Penalaran adaptif pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV kelas VIII MTs. Imam Al Ghozali Panjerejo dengan kriteria sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah dan sangat rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data yang digunakan dengan tes dan wawancara untuk menggali data. Penelitian ini menggunakan 10 subjek penelitian yang terdiri 2 subjek kemampuan sangat tinggi, 2 subjek kemampuan tinggi, 2 subjek kemampuan sedang, 2 subjek kemampuan rendah dan 2 subjek kemampuan sangat rendah. Pemilihan subjek dilakukan melalui rekomendasi guru mata pelajaran. Hasil temuan berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa: 1) Subjek kemampuan sangat tinggi memenuhi kelima indikator penalaran adaptif dan proses berpikir subjek kemampuan sangat tinggi adalah Asimilasi. 2) Subjek kemampuan tinggi juga memenuhi kelima indikator penalaran adaptif dan proses berpikir subjek kemampuan tinggi juga Asimilasi. 3) Subjek kemampuan sedang memenuhi beberapa indikator kemampuan penalaran adaptif yaitu a) melakukan dugaan, b) menentukan pola matematis, dan c) memeriksa kesahihan argumen 4) Subjek Kemampuan rendah memenuhi beberapa indikator kemampuan penalaran adaptif yaitu a) mampu mengajukan dugaan dan b) mampu menentukan pola matematis . 5) Subjek Kemampuan sangat rendah hanya memenuhi indikator kemampuan penalaran adaptif mampu mengajukan dugaan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204152182 ENDANG SUNARSIH |
Date Deposited: | 17 Jul 2019 03:15 |
Last Modified: | 17 Jul 2019 03:15 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12153 |
Actions (login required)
View Item |