Strategi Guru Fiqih dalam Menanamkan Kebiasaan Shalat Berjama’ah Peserta Didik di MTsN Bandung

Lia Wahyu, Hartati, (2012) Strategi Guru Fiqih dalam Menanamkan Kebiasaan Shalat Berjama’ah Peserta Didik di MTsN Bandung. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I, new.doc

Download (72kB)
[img] Text
BAB II LIA.doc

Download (208kB)
[img] Text
BAB III, new lia.doc

Download (72kB)
[img] Text
BAB IV lia.doc

Download (512kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (33kB)
[img] Text
COVER.doc

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA, CS.doc

Download (277kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata-kata kunci: strategi guru, kebiasaan shalat berjamaah Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh perkembangan zaman yang serba materi seperti saat ini banyak umat Islam yang begitu ringan meninggalkan shalat berjamaah, umat lebih sibuk dengan kepentingan dunia. Padahal dengan shalat berjamaah paling tidak mengandung hikmah: dapat membangun persatuan umat, memaklumatkan syiar Islam, mengikis kesenjangan sosial antara anggota masyarakat, memupuk semangat ukhuwah umat Islam dan masih banyak lagi. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini, 1) Bagimana pendekatan guru Fiqih dalam menanamkan kebiasaan shalat berjamaah peserta didik di MTsN Bandung? 2) Faktor apa saja yang mendukung dalam menanamkan kebiasaan shalat berjamaah peserta didik di MTsN Bandung? 3) Faktor apa saja yang menghambat dalam menanamkan kebiasaan shalat berjamaah peserta didik di MTsN Bandung? Penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan, dan ditinjau dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, triangulasi, pembahasan teman sejawat dan klarifikasi dengan informan. Hasil penelitian: 1) Pendekatan guru PAI dalam menanamkan kebiasaan shalat berjamaah peserta didik di MTsN Bandung melalui pendekatan individual dan pendekatan kelompok. Pendekatan individual yang digunakan guru PAI dalam menanamkan kebiasaan shalat berjama’ah dengan (a) menumbuhkan pembentukan kebiasaan berakhlak mulia kepada Allah dan sesama (b) membiasakan diri berpegang teguh pada ajaran-ajaran Islam. (c) membiasakan bersikap ridho, optimis, percaya diri, menguasai emosi, tahun menderita dan sabar. (d) selalu tekun beribadah/melaksanakan shalat berjama’ah dan mendekatkan diri kepada Allah serta bermu’amalah dengan baik. Pendekatan kelompok dilakukan oleh guru PAI dalam menanamkan kebiasaan shalat berjama’ah pada siswa dengan jalan: (a) adanya program sholat dhuhur berjama’ah. (b) pembentukan guru yang bertanggung jawab atas pelaksanaan shalat berjama’ah. (c) diadakannya peringatan-peringatan hari besar Islam. (d) adanya kegiatan pondok ramadhan. (e) adanya peraturan-peraturan tentang kedisiplin dan tata tertib sekolah. 2) Faktor-faktor yang mendukung program shalat berjamaah di MTsN Bandung dapat berjalan karena didukung dengan adanya sarana dan prasarana dengan baik. Mengenai sarana dan prasarana yang dimaksud antara lain sarana fisik, yang mana sarana fisik tersebut terdiri dari lembaga yang memiliki tugas untuk mengembangkan peserta didik melalui pendidikan, dan media pendidikan; dan sarana non fisik, yang berupa kurikulum, metode, manajemen, dan lain-lain. 3) Faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan shalat berjamaah siswa MTsN Bandung a) Masih adanya beberapa kesadaran peserta didik yang minim dan kurang, b) Kurangnya kekompakan guru-guru agama untuk lebih berperan aktif dalam membimbing para siswa untuk melaksanakan shalat berjamaah. c) Belum adanya pemisahan antara tempat wudhu putra dan tempat wudhu putri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 11 Feb 2015 03:54
Last Modified: 11 Feb 2015 03:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1243

Actions (login required)

View Item View Item