PEMAHAMAN KONSEPTUAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PECAHAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA DI SMPN 3 PLOSOKLATEN

FITA FATMAWATI, 17204153109 (2019) PEMAHAMAN KONSEPTUAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PECAHAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA DI SMPN 3 PLOSOKLATEN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (770kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (609kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (561kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (607kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (305kB)

Abstract

ABSTRAK Fita Fatmawati, NIM. 1704153109, 2019. Pemahaman Konseptual Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pecahan Ditinjau dari Kemampuan Matematika di SMPN 3 Plosoklaten. Tadris Matematika (TMT) Tulungagung, Pembimbing Ummu Sholihah, S.Pd.,M.Si. Kata Kunci: Pemahaman konseptual, Pecahan, Kemampuan Matematika Pemahaman merupakan aspek yang sangat mendasar dalam belajar. Untuk memahami materi secara mendalam diperlukan penguasaan konsep yang baik. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengungkap pemahaman konseptual berdasarkan kemampuan matematika siswa. Di SMPN 3 Plosoklaten Kediri, pemahaman konseptual yang dimiliki siswa masih tergolong rendah. Ada perbedaan pemahaman konsep yang dimiliki siswa dengan tingkat kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Adapun tujuan penelitian ini, (1) Untuk mendeskripsikan pemahaman konseptual siswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal pecahan di SMPN 3 Plosoklaten. (2) Untuk mendeskripsikan pemahaman konseptual siswa berkemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan soal pecahan di SMPN 3 Plosoklaten. (3) Untuk mendeskripsikan pemahaman konseptual siswa berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan soal pecahan di SMPN 3 Plosoklaten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMPN 3 Plosoklaten. Teknik pengumpulan data berupa hasil observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian atau penjabaran data, serta penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data menggunakan ketekunan pengamat dan triangulasi. Dengan subjek penelitian adalah 2 siswa dengan kemampuan matematika tinggi, 2 siswa dengan kemampuan matematika sedang, dan 2 siswa dengan kemampuan matematika rendah. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa (1) Siswa dengan kemampuan matematika tinggi hanya mampu memenuhi 4 indikator yaitu menyajikan konsep dalam berbagai representasi matematis; menyatakan ulang sebuah konsep; mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup dari suatu konsep; memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu; mengaplikasikan konsep atau algoritma pada pemecahan masalah (2) Siswa dengan kemampuan matematika sedang hanya memenuhi 3 indikator yaitu menyajikan konsep dalam berbagai representasi matematis; menyatakan ulang sebuah konsep; mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup dari suatu konsep. (3) Siswa dengan kemampuan matematika rendah hanya mampu memenuhi 2 indikator yaitu mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup dari suatu konsep; dan mengaplikasikan konsep atau algoritma pada pemecahan masalah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153109 FITA FATMAWATI
Date Deposited: 05 Aug 2019 02:18
Last Modified: 05 Aug 2019 02:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12548

Actions (login required)

View Item View Item