YUSNINDA WAHIDATU ZAHROH, 17201153085 (2019) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA SELF CONTROL REMAJA DI MAN 1 KOTA KEDIRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (353kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (18kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (197kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (385kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (185kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Self Control di MAN 1 Kota Kediri”, ini ditulis oleh Yusninda Wahidatu Zahroh, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag. Kata Kunci: Self Control, behavioral control, cognitive control, decisional control. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa permasalahan remaja sekarang banyak siswa yang tidak mampu mengontrol diri sendiri seperti halnya melanggar tata tertib. misalnya menyontek. Apabila siswa sebelum ujian tidak mampu mengontrol kognitifnya (cognitive control) untuk belajar maka nantinya siswa akan merasa cemas. Dan rasa cemas ini akan memunculkan keputusan untuk menyontek untuk mendapatkan nil;ai yang baik. Kontrol keputusan (desicional control) siswa lemah dimana mengambil alternative sebagai keputusan yang kurang matang. Yang nantinya menghasilkan tindakan menyontek. Kontrol perilaku (behavior control) juga tidak berjalan karena untuk mendapat menyontek siswa tersebut mengganggu teman sebangkunya. Berdasarkan dari fenomena tersebut maka diperlukan upaya dari guru Pendidikan Agama Islam untuk membina Self Control remaja di MAN 1 Kota Kediri. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskripstif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan, triangulansi, dan pengecekan sejawat. Hasil penelitian di MAN 1 Kota Kediri penulis menyimpulkan bahwa: (1) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam MembinaSelf Control remaja aspek Behavior Control di MAN 1 Kota Kediri adalah dengan memberi keteladanan kepada siswa, pemberian isyarat dan teguran ketika siswa melakukan pelanggaran, pemberian hukuman supaya siswa jera dan tidak mengulang perilaku menyimpang, melibatkan siswa dalam kegiatan keagamaan. (2) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam MembinaSelf Control Remaja aspek Cognitive Control di MAN 1 Kota Kediri adalah Membiasakan siswa untuk membaca materi setiap mengawali pembelajaran, dan menjelaskan materi dengan menghubungkan materi PAI dengan kehidupan sehari-hari, guru juga menyuruh siswa mencari sumber pengetahuan selain dari LKS. Membiasakan menggarisbawahi kalimat penting supaya mudah untuk dicari lagi ketika diperlukan, dan hafalan ayat-ayat Al Qur‟an untuk memperkuat daya ingat siswa. (3) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Self Control remajaaspek Decisional Control di MAN 1 Kota Kediri adalah guru melakukan sesi tanya jawab di setiap diskusi, setiap pertanyaan siswa di apresiasi dengan memberi bonus nilai supaya bisa menumbuhkan rasa percaya diri sehingga siswa tidak akan malu bertanya lagi, pemberian tugas merupakan tanggungjawab siswa yang harus diselesaikan supaya siswa terbiasa mengontrol keputusan untuk segera menyelesaikan tugas tersebut.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153085 YUSNINDA WAHIDATU ZAHROH |
Date Deposited: | 01 Aug 2019 01:22 |
Last Modified: | 01 Aug 2019 01:22 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12571 |
Actions (login required)
View Item |