PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS SEGITIGA PADA SISWA KELAS VII SMP ISLAM DURENAN TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2016/2017

DEWI NURMA BUDIATI, 2814133039 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS SEGITIGA PADA SISWA KELAS VII SMP ISLAM DURENAN TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (423kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Keliling dan Luas Segitiga pada Siswa Kelas VII SMP Islam Durenan Trenggalek Tahun Ajaran 2016/2017” ini ditulis oleh Dewi Nurma Budiati. NIM. 2814133039 dibimbing oleh Miswanto. M. Pd Kata kunci: PBL, Hasil Belajar dan Segitiga Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan siswa dalam memahami materi keliling dan luas segitiga. Hal ini disebabkan oleh metode pembelajaran yang digunakan oleh guru tidak membangkitkan gairah belajar siswa sehingga hanya guru yang aktif dalam pembelajaran. Metode ini sering disebut metode konvensional, dimana guru menjadi satu-satunya sumber belajar untuk siswa. Metode ini menuntut guru untuk lebih aktif dari siswa. Oleh sebab itu, peneliti menerapkan metode pembelajaran berbeda untuk membangkitkan semangat belajar siswa. pemilihan metode ataupun model pembelajaran yang tepat akan memberikan hasil yang memuaskan. Model problem based learning dianggap tepat untuk materi keliling dan luas segitiga, karena model pembelajaran ini menuntut siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah, 1) Untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar materi keliling dan luas segitiga pada siswa kelas VII SMP Islam Durenan Trenggalek tahun ajaran 2016/2017. 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar materi keliling dan luas segitiga pada siswa kelas VII SMP Islam Durenan Trenggalek tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Teknik sampel yang digunakan adalah random sampling (sampel acak sederhana). Sampel penelitian ini adalah siswa dua kelas di SMP Islam Durenan Trenggalek, yaitu kelas VII A dan kelas VII B. Kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol dimana jumlah siswa masing-masing kelas adalah 38 orang. Instrumen yang digunakan berupa observasi, dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan analisis data disimpulkan bahwa: 1) Ada pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar matematika materi keliling dan luas segitiga siswa kelas VII SMP Islam Durenan Trenggalek tahun pelajaran 2016/2017. Hal ini ditunjukkan dengan atau . 2) Model problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar matematika materi keliling dan luas segitiga siswa kelas VII SMP Islam Durenan Trenggalek tahun pelajaran 2016/2017. Dengan kategori tinggi yaitu sebesar 82%. Hal ini disebabkan oleh penggunaan model problem based learning, sehingga hasil belajar siswa meningkat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133039 DEWI NURMA BUDIATI
Date Deposited: 07 Aug 2019 03:33
Last Modified: 07 Aug 2019 03:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12736

Actions (login required)

View Item View Item