ANALISIS AKTIVITAS BELAJAR SISWA YANG MEMANFAATKAN LABORATORIUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI BIOTEKNOLOGI KELAS XII IPA SMA NEGERI 1 TULUNGAGUNG

TRI NUR UTAMI PUTRI, 17208153073 (2019) ANALISIS AKTIVITAS BELAJAR SISWA YANG MEMANFAATKAN LABORATORIUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI BIOTEKNOLOGI KELAS XII IPA SMA NEGERI 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (427kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (188kB)

Abstract

ABSTRAK Tri Nur Utami Putri, 17208153073, 2019. Analisis Aktivitas Belajar Siswa Yang Memanfaatkan Laboratorium Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Bioteknologi Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Tulungagung. SKRIPSI Jurusan Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Dr. H. Syamsun Ni’am, M.Pd Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Laboratorium, Bioteknologi. Didalam proses pembelajaran diperlukan aktivitas belajar, sebab pada prinsipnya belajar adalah berbuat untuk mengubah tingkah laku, menjadi melakukan sebuah kegiatan. Tidak ada belajar kalau tidak ada aktivitas. Itulah sebabnya aktivitas merupakan prinsip atau asas yang paling penting di dalam interaksi pembelajaran. Laboratorium merupakan tempat proses belajar mengajar dengan aktivitas praktikum yang melibatkan interaksi antara peserta didik, peralatan, dan bahan. Melalui kegiatan praktikum di laboratorium diharapkan peserta didik dapat mempelajari, memperoleh pemahaman, dan pengalaman langsung mengenai sifat, rahasia, dan gejala – gejala alam kehidupan yang tidak dapat dijelaskan secara verbal. Selain peran yang telah disebutkan diatas, sebagai sumber belajar Laboratorium juga memiliki peran penting yang bermanfaat dalam pencapai tiga tujuan pembelajaran, yaitu: (1) Keterampilan Kognitif, (2) Keterampilan Afektif, dan (3) Keterampilan Psikomotorik. Bioteknologi adalah cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup (bakteri, fungi, virus, dan lain-lain) maupun produk dari makhluk hidup (enzim, alkohol) dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran yang memanfaatkan laboratorium pada materi bioteknologi di kelas XII IPA 1 dan 4 SMA Negeri 1 Tulungagung. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode penelitian pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini adalah SMA Negeri 1 Tulungagug, sebagai sumber data guru dan 6 orang siswa yaitu 3 laki-laki dan 3 perempuan dari kelas XII IPA 1 dan 4 SMA Negeri 1 Tulungagung tahun ajaran 2018/2019. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, pemberian angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam menerapkan pembelajaran dengan memanfaatkan laboratorium sebagai tempat proses kegiatan belajar mengajar diperlukannya perencanaan pembelajaran terlebih dahulu, untuk mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan serta dapat menentukan aktivitas belajar apa saja yang akan siswa lakukan, pada materi bioteknologi. Kemudian, pelaksanaan pembelajaran dilaboratorium haruslah sesuai dengan perencanaan yang sudah dibuat sebelumnya, agar tujuan dari pembelajaran dilaboratorium ini dapat berhasil, dan sesuai dengan yang diharapkan oleh guru.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 17208153073 TRI NUR UTAMI PUTRI
Date Deposited: 08 Aug 2019 01:35
Last Modified: 08 Aug 2019 01:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12765

Actions (login required)

View Item View Item