Ahmad Nurcholis, 197808012009011006 (2013) Pembelajaran Quantum Teaching Dalam Perspektif Al-Qur’an. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Bandung.
|
Text
Jurnal Pembelajaran Quantum0001.pdf Download (187kB) | Preview |
Abstract
Tulisan ini fokus pada pembahasan model pembelajaran quantum teaching dalam konteks pendidikan Islam yakni akan dianalisis dalam perspektif al-Qur’an. Metode pembahasan yang digunakan adalah tafsir tarbawi dan ilmu pendidikan Islam. hasil kajian menunjukkan bahwa quantum teaching bukanlah hal yang baru sama sekali dalam Islam. Paling tidak prinsip-prinsip dan langkah-langkah proses pembelajaran yang ada di dalamnya pernah ditawarkan oleh Al-Qur’an. Hanya persoalannya adalah umat Islam masih miskin dengan metodologi-metodologi, dan malas dalam hal penelitian-penelitian. Apalagi jika meneliti isi kandungan al-Qur’an dan al-Hadits. Al-Qur’an dan al-Hadits hanya dipandang dengan sebelah mata, yang kemudian dianggap sebagai barang kuno yang sudah waktunya untuk dimusiumkan menjadi benda sejarah. Prinsip-prinsip dasar quantum teaching diantaranya terdapat dalam quran surat Al-Ahzab, 33: 72, Al-Baqarah, 2: 21, Ibrahim, 14: 7 dan Ar. Rahman, 55: 13, 16, 18, 21, 23, 25, 28, 30, 32, 34, 36, 38, 40, 42, 45, 47, 49, 51, 53, 55, 57, 59, 61, 63, 67, 69, 71, 73, 75, 77.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | Jurnal |
Divisions: | Karya Dosen |
Depositing User: | Dr. 197808012009011006 AHMAD NURCHOLIS |
Date Deposited: | 08 Aug 2019 10:07 |
Last Modified: | 08 Aug 2019 10:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12822 |
Actions (login required)
View Item |