LYDIA CANDRA VINYYA, 17402153125 (2019) STRATEGI PEMASARAN KRUPUK RAMBAK DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM PADA UD. INTAN JAYA TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (668kB) | Preview |
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (158kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (372kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (702kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (436kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (148kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Strategi Pemasaran Krupuk Rambak dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Ditinjau dari Etika Bisnis Islam Pada UD. Intan Jaya Tulungagung” ini ditulis oleh Lydia Candra Vinyya, NIM 17402153125, dengan dosen pembimbing Dr. Syafrudi Arif Marah Manunggal, M.S.I Penelitian ini dilatarbelakangi karena home industry ritel makanan merupakan bisnis yang memiliki prospek dan peluang jangka panjang yang mampu menyerap tenaga kerja di daerah. Krupuk rambak merupakan salah satu contoh bisnis ritel makanan yang saat ini menjadi salah satu icon di kabupaten Tulungagung. Krupuk rambak merupakan makanan berbahan dasar kulit sapi dan/atau kerbau. Bisnis ini menjadi salah satu penghasilan utama di wilayah desa Sembung karena keuntungannya yang menjanjikan. Namun banyak praktikpraktik kecurangan yang sering terjadi dalam proses pemasarannya. Islam menegaskan pada prinsip-prinsip yang jelas dan tegas dalam hal ini seperti, jujur dalam takaran dan timbangan, menjual barang yang halal, dan menjual barang yang bermutu. Penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan dan mengindetifikasi strategi pemasaran krupuk rambak UD. Intan Jaya dalam menghadapi persaingan bisnis ditinjau dari etika bisnis Islam. Ada tiga variabel dalam penelitan ini, yaitu strategi pemasaran krupuk rambak UD. Intan Jaya dalam memasarkan produk krupuk rambaknya, strategi UD. Intan Jaya menghadapi persaingan bisnis, dan strategi pemasaran krupuk rambak dan persaingan bisnis UD. Intan Jaya ditinjau dari etika bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Data yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder dengan menggunakan beberapa cara dalam pengumpulan data yaitu wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Setelah memperoleh data, peneliti menganalisis data menggunakan metode deskriptif. Kemudian dilakukan pengecekan keabsahan temuan-temuan dengan tekhnik triangulasi. Melalui penelitian yang dilakukan, hasil penelitian dinyatakan sebagai berikut. UD. Intan Jaya menggunakan strategi produk dengan memaksimalkan kualitas dan memiliki tiga varian krupuk rambak; strategi promosi dengan mengikuti event, pemasaran online, dan penggunaan aplikasi grab food. Strategi harga UD. Intan Jaya mempunyai penetapan harga sendiri sesuai kualitas yang diberikan, proses penetapan harga produk UD. Intan ditentukan sesuai biaya produksi, bahan baku, listrik, tenaga kerja, transportasi. Strategi tempat/saluran distribusi dengan mempunyai dua outlet di wilayah kabupaten Tulungagung. Strategi pemasaran yang digunakan UD. Intan Jaya dalam menghadapi persaingan bisnis telah sesuai dengan etika bisnis Islam dibuktikan dengan bersaing secara sehat, tidak merugikan kompetitor lain, dan tidak menyembunyikan kecacatan dalam produknya. Kata kunci: Strategi pemasaran, Persaingan bisnis, Etika bisnis islam.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 17402153206 Fuad Asshofi |
Date Deposited: | 21 Aug 2019 03:46 |
Last Modified: | 03 Apr 2020 02:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13053 |
Actions (login required)
View Item |