ANALISIS DAMPAK KEBERADAAN KAMPUS IAIN TULUNGAGUNG TERHADAP PENINGKATAN KONDISI EKONOMI MASYARAKAT (Studi Kasus Usaha Kos-kosan Desa Plosokandang)

SITI LAELATUL KHASANAH, 17402153150 (2019) ANALISIS DAMPAK KEBERADAAN KAMPUS IAIN TULUNGAGUNG TERHADAP PENINGKATAN KONDISI EKONOMI MASYARAKAT (Studi Kasus Usaha Kos-kosan Desa Plosokandang). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (681kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Dampak Keberadaan Kampus IAIN Tulungagung Terhadap Peningkatan Kondisi Ekonomi Masyarakat (Studi Kasus Usaha Kos-kosan Desa Plosokandang)” yang ditulis oleh Siti Laelatul Khasanah, NIM. 17402153150, pembimbing Nur Aziz Muslim M,HI. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi dengan keberadaan kampus IAIN Tulungagung di desa Plosokandang tentu memberikan banyak perubahan terhadap masyarakatnya. Aspek yang sangat terlihat adalah adanya perubahan keadaan ekonomi masyarakat sekitar. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak keberadaan kampus IAIN Tulungagung terhadap peningkatan kondisi ekonomi masyarakat. Rumusan masalah penelitian ini diantaranya, 1) bagaimana dampak keberadaan kampus IAIN Tulungagung dalam mengangkat ekonomi masyarakat sekitar, 2) bagaimana kondisi ekonomi masyarakat sekitar dengan adanya kampus IAIN Tulungagung. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif deskriptif dan termasuk kategori penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan empat teknik yaitu observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah masyarakat Desa Plosokandang yang berstatus sebagai pemilik kos. Pemilihan informan dalam penelitian kualitatif ini dilakukan dengan cara snowball sampling, yakni Teknik pengambilan sampel sumber data yang pada awalnya jumlahnya sedikit lama-lama menjadi besar. Hal itu dilakukan karena dari jumlah sumber data yang sedikit itu belum mampu memberikan data yang memuaskan, maka mencari orang lain (baru) lagi yang dapat digunakan sebagai sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan kampus IAIN Tulungagung secara umum membawa dampak terhadap pertumbuhan ekonomi Desa Plosokandang khususnya di sekitar kampus. Dampak positif yang bisa dirasakan oleh masyarakat sekitar dengan adanya kampus IAIN Tulungagung adalah sebagai berikut. Pertama, tersedianya peluang bisnis dan kesempatan kerja. Kedua, terjadinya pemusatan aktivitas ekonomi. Dan ketiga, pendapatan asli desa (PAD) bagi desa. Kata kunci: dampak keberadaan kampus, peningkatan kondisi ekonomi, Usaha kos-kosan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402153150 SITI LAELATUL KHASANAH
Date Deposited: 21 Aug 2019 04:48
Last Modified: 21 Aug 2019 04:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13132

Actions (login required)

View Item View Item