ANALISIS KOMPARATIF TINGKAT KESEHATAN BANK SYARIAH DAN BANK KONVENSIONAL MENGGUNAKAN METODE RISK BASED BANK RATING (RBBR)

ARDINA KUSTIYANINGSIH, 17401153424 (2019) ANALISIS KOMPARATIF TINGKAT KESEHATAN BANK SYARIAH DAN BANK KONVENSIONAL MENGGUNAKAN METODE RISK BASED BANK RATING (RBBR). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (357kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (646kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (891kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (834kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (271kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (401kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis KomparatifTingkat Kesehatan Bank Syariah dan Bank Konvensional Menggunakan Metode Risk Based Bank Rating (RBBR)” ini ditulis oleh Ardina Kustiyaningsih, NIM. 17401153424, Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Tulungagung dengan Dosen Pembimbing: Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M.Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin kompleksnya perubahan usaha dan risiko yang dihadapi bank syariah dan bank konvensional. Sehingga tingkat kesehatan bank perlu diperhatikan untuk bisa terus menjaga eksistensinya dengan baik. Terlebih bagi bank berstatus BUSN Devisa yang cenderung memiliki risiko tinggi karena dapat melakukan transaksi secara internasional. Adanya perkembangan kondisi perbankan memunculkan penyempurnaan kebijakan mengenai penilaian tingkat kesehatan bank dengan menggunakan pendekatan Risk Based Bank Rating yang lebih berorientasi kepada risiko dan penerapan tata kelola perusahaan yang baik. Pendekatan ini meliputi penilaian terhadap faktor risk profile (NPF dan FDR), good corporate governance (GCG), earning (ROA dan BOPO), dan capital (CAR). Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk menguji perbedaan tingkat kesehatan bank syariah dan bank konvensional pada faktor risk profile, (2) untuk menguji perbedaan tingkat kesehatan bank syariah dan bank konvensional pada faktor good corporate governance, (3) untuk menguji perbedaan tingkat kesehatan bank syariah dan bank konvensional pada faktor earning, (4) untuk menguji perbedaan tingkat kesehatan bank syariah dan bank konvensional pada faktor capital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian komparatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan publikasi tahunan bank syariah dan bank konvensional periode 2011 -2018. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, Uji t-test sample bebas (Independent) dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pada faktor risk profile dengan rasio NPF dan FDR terdapat perbedaan yang fignifikan antara bank syariah dan bank konvensional, (2) pada faktor good corporate governance dengan penilaian peringkat komposit GCG tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara bank syariah dan bank konvensional, (3) pada faktor earning dengan rasio ROA dan BOPO terdapat perbedaan yang signifikan antara bank syariah dan bank konvensional, (4) pada faktor capital dengan rasio CAR terdapat perbedaan yang signifikan antara bank syariah dan bank konvensional. Kata kunci: Tingkat Kesehatan Bank, Metode Risk Based Bank Rating (Risk Profile, Good Corporate Governance, Earning, dan Capital).

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 17401153424 ARDINA KUSTIYANINGSIH
Date Deposited: 21 Aug 2019 06:44
Last Modified: 21 Aug 2019 06:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13133

Actions (login required)

View Item View Item