TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP PEMBERIAN DOWN PAYNMENT (STUDI PADA JUAL BELI KACANG TANAH SISTIM BORONGAN DI DESA BETAK KALIDAWIR TULUGAGUNG)

AHMAD CESARIO PANTRISA, 17101153007 (2019) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP PEMBERIAN DOWN PAYNMENT (STUDI PADA JUAL BELI KACANG TANAH SISTIM BORONGAN DI DESA BETAK KALIDAWIR TULUGAGUNG). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (727kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (298kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (290kB)

Abstract

Ahmad Cesario Pantrisa,, NIM. 17101153007, Tinjauan hukum Ekonomi Syariah Terhadap Pemberian Down Paynment (Studi Pada Jual Beli Kacang Tanah sitim Borongan Di Desa Betak Kalidawir Tulugagung)”Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Iain Tulungangung, 2019, Pembimbing Dr. H. M. Saifudin Zuhri, M. Ag Kata kunci : Hukum Ekonomi Syariah, Down Paynment, Jual Beli Penelitian ini dilatar belakangi dari jual beli kacang tanah dengan sistim borongan. Ketika masa panen petani mengalami kesulitan karena ada biaya yang lumayan mahal untuk proses pemanenan kacang yang digunakan untuk biaya buruh pemanen, perontokan kacang dan proses pengeringan kacang. Sehingga petani memilih untuk menawarkan kacangnya kepada tengkulak dengan sistim borongan yang mana sebelum pemanenan ada akad pemberian down paynment. Rumusan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana praktik pemberian down paynment pada jual beli kacang tanah di desa Betak Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung? 2) Bagaimana tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap praktik akad pemberian down paynment pada jual beli kacang di desa Betak Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung?. Adapun tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan praktik pemberian down paynmen pada jual beli kacang di desa Betak Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung 2) Untuk menjelaskan tinjauan hukum ekonomi islam terhadap praktik akad pemberian down paynment pada jual beli kacang tanah di desa Betak Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara, dan studi dokumentasi. Sedangkan analisis data mengunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Jual beli dengan sistim borongan yang ada di desa Betak merupakan jual beli yang masyarakat desa Betak mempraktikannya. Jual beli dengan sistim ini berawal dari tengkulak yang ditawari petani untuk memanen kacang tanah dengan sistim borongan, kemudian tengkulak mengamati dan menaksir kacang tanah yang akan dipanen. Tengkulak kemudian memberikan sejumlah dp sebagai tanda jadi untuk memborong kacang tanah tersebut yang sisa pembayarannya akan dilunasi setelah pemanenan. Dp ini sebagai ganti jaminan apabila terjadi pembatalan dari pihak tengkulak. 2) dalam pandangan hukum ekonomi islam praktik ini sah karea telah memenuhi syarat dan rukun jual beli, akan tetapi ada perbedaan pendapat dikalangan ulama yang dikarenakan perbedaan sudut pandang dalam pegambilan dasar hokum. Peneliti lebih condong kepada ulama yang berpandangan hukum sah praktik jual beli ini.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: S.H. 17101153007 Ahmad Cesario Pantrisa
Date Deposited: 30 Dec 2019 06:52
Last Modified: 26 Mar 2020 11:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13222

Actions (login required)

View Item View Item